© Copyright 2024, Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia
Gelar Bakti Nelayan di Pangandaran, KKP Tekankan Peningkatan PNBP untuk Kesejahteraan Nelayan

Rabu, 22 September 2021 | 0:0:0 WIB

PANGANDARAN (22/9) - Peningkatan penerimaan negara bukan pajak (PNBP) subsektor perikanan tangkap menjadi salah satu program andalan Kementerian Kelautan dan Perikanan KKP). Di bawah komando Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono, program tersebut ditujukan untuk meningkatkan kesejahteraan nelayan.

 

Kepala Pelabuhan Perikanan Samudera Cilacap Imas Masriah menjelaskan dengan semakin besarnya kontribusi PNBP perikanan terhadap pendapatan negara, maka semakin terbuka ruang untuk pembiayaan pembangunan sektor kelautan dan perikanan dengan nominal yang jauh lebih besar.

 

"Dengan PNBP perikanan tangkap yang meningkat, kegiatan bantuan dan pemberdayaan nelayan dapat lebih sering kita lakukan dengan volume dan jangkauan yang jauh lebih banyak dan luas," terangnya saat membacakan sambutan Dirjen Perikanan Tangkap pada kegiatan Bakti Nelayan di Pelabuhan Perikanan (PP) Cikidang, Pangandaran, Rabu (22/9/2021).

 

Lebih lanjut Ia mengatakan, kebijakan ke depan adalah bagaimana meningkatkan pengelolaan perikanan tangkap agar berkontribusi terhadap penerimaan negara dapat meningkat dengan pesat. Pun sejalan dengan terbitnya Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja beserta peraturan turunannya yang mengamanatkan perizinan semakin efisien dan sederhana serta iklim investasi semakin baik.

 

"Saat ini juga telah terbit Peraturan Pemerintah Nomor 85 Tahun 2021 tentang Jenis dan Tarif Penerimaan Negara Bukan Pajak yang Berlaku pada KKP yang menjadi tugas besar kita bersama untuk mewujudkannya," sambung Imas.

 

Kegiatan Bakti Nelayan di Pangandaran ini bersamaan dengan kunjungan kerja anggota Komisi IV DPR RI Asep A. Maoshul Affandy. Sebanyak 1.000 paket bantuan operasional melaut juga diserahkan kepada nelayan setempat.

 

Asep meminta agar nelayan tetap patuh kepada protokol kesehatan karena pandemi Covid-19 masih belum berakhir. Bantuan tersebut diharapkannya dapat dimanfaatkan secara optimal oleh nelayan untuk mendukung kegiatan menangkap ikan di laut.

 

"Bantuan ini merupakan salah satu bentuk wujud kepedulian pemerintah terhadap masyarakat terdampak Pandemi Covid-19. Kami juga terus imbau, selain protokol kesehatan agar masyarakat segera melakukan vaksinasi Covid-19," tuturnya di sela kegiatan.

 

Ia mengapresiasi Ditjen Perikanan Tangkap KKP yang rutin menggelar kegiatan Bakti Nelayan di beberapa daerah Indonesia. Selain penyerahan bantuan, kegiatan seperti ini dinilainya dapat membuka ruang untuk berdiskusi dan dan menyaring aspirasi nelayan.

 

Sumber:

KKP WEB DJPT

Accessible Control
cursor Bigger Cursor
brightness Brightness
contrast Contrast
monochrome Grayscale
revert Undo Changes
Logo Logo
KEMENTERIAN KELAUTAN DAN PERIKANAN REPUBLIK INDONESIA

JL. Medan Merdeka Timur No.16 Jakarta Pusat

Telp. (021) 3519070 EXT. 7433 – Fax. (021) 3864293

Email: humas.kkp@kkp.go.id

Call Center KKP: 141

Media Sosial

PENGUNJUNG

114776

© Copyright 2024, Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia