© Copyright 2024, Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia
BKIPM Surabaya dan DPR Gelar Bimtek Ekspor Ikan Hias

Sabtu, 22 Juli 2023 | 0:0:0 WIB

KEDIRI - Balai Karantina Ikan, Pengendalian Mutu, dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Surabaya I bersama Komisi IV DPR-RI Anggia Erma Rini telah melaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Persyaratan Ekspor Ikan dan Produk Perikanan dalam rangka Kegiatan Bulan Mutu Karantina (BMK) Tahun 2023.

"Alhamdulillah kegiatan berlangsung interaktif dan disambut antusias para pelaku usaha," ujar Kepala BKIPM Surabaya, Suprayogi, Jumat (21/7/2023). Sebelum dimulainya sesi bimtek, peserta diajak untuk berpartisipasi dalam kuis.

Acara dibuka dengan sambutan dari Kepala Bidang Perikanan Budidaya Dinas Perikanan Kabupaten Kediri, Andik Priyo Setiawan, yang menyampaikan ucapan terima kasih atas kolaborasi antara Komisi IV DPR-RI dan BKIPM dalam menyelenggarakan kegiatan bimtek ini. Sosok yang akrab disapa Yogi ini berharap peserta bimtek akan mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam mengenai bagaimana menjaga mutu ikan dengan baik dan menerapkan standar mutu serta keamanan pangan yang sesuai.

"Dengan menjaga mutu dan kualitas hasil olahan perikanan, kita dapat memperkuat daya saing produk perikanan di pasar global dan membantu meningkatkan kesehatan masyarakat," sambungnya. Sementara Anggota Komisi IV, Anggia Erma Rini menjelaskan bahwa Kabupaten Kediri memiliki potensi besar dalam budidaya ikan hias, terutama di segitiga emas budidaya ikan hias yang meliputi Kabupaten Kediri, Kabupaten Blitar, dan Kabupaten Tulungagung. Oleh karena itu, membangun sektor perikanan yang lebih maju dan berdaya saing harus dilakukan dengan sinergi, termasuk dengan meningkatkan produk-produk lokal melalui ekspor. "Kerjasama antara Komisi IV DPR-RI dan KKP merupakan wujud sinergi yang harmonis untuk mengembangkan sektor perikanan di Kabupaten Kediri agar lebih maju," tutur Anggia. Kegiatan bimtek ini melibatkan narasumber dari BKIPM, yaitu Inspektur Mutu Puji Sugeng Ariadi dan Inspektur Karantina Rachmat Noer Soelistioadi, yang membawakan materi Persyaratan Ekspor Ikan dan Produk Perikanan yang sehat, bermutu, aman, dan bebas mikroplastik, serta layanan IKI/CKIB dalam pelayanan ekspor.

 

 

Sumber:

KKP WEB BKIPM

Accessible Control
cursor Bigger Cursor
brightness Brightness
contrast Contrast
monochrome Grayscale
revert Undo Changes
Logo Logo
KEMENTERIAN KELAUTAN DAN PERIKANAN REPUBLIK INDONESIA

JL. Medan Merdeka Timur No.16 Jakarta Pusat

Telp. (021) 3519070 EXT. 7433 – Fax. (021) 3864293

Email: humas.kkp@kkp.go.id

Call Center KKP: 141

Media Sosial

PENGUNJUNG

114761

© Copyright 2024, Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia