© Copyright 2024, Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia
Peran Aktif SKIPM Ternate untuk Pembangunan Sektor Kelautan dan Perikanan di Maluku Utara

Sabtu, 24 Juni 2023 | 0:0:0 WIB

TERNATE - Stasiun Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (SKIPM) Ternate ambil bagian dalam Forum Group Discussion (FGD) di Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Ternate. Kegiatan yang digelar Pusat Kajian Maritim untuk Kemanusiaan serta Ikatan Sarjana Perikanan Kelautan Indonesia (ISPIKANI) Maluku Utara ini bertujuan untuk memperkuat pengelolaan perikanan demi kesejahteraan nelayan di Maluku Utara.

"Kami tentu ambil bagian dalam agenda peningkatan kesejahteraan nelayan dan mendukung sesuai tugas dan fungsi BKIPM," ujar Kepala SKIPM Ternate, Arsal, Kamis (8/6/2023).

Mengusung tema "Pengelolaan Perikanan untuk Kesejahteraan Nelayan Maluku Utara", sejumlah hal dibahas dalam pertemuan tersebut. Diantaranya ialah terkait hulu sampai hilir sektor kelautan dan perikanan.

Dalam FGD, Arsal menyampaikan informasi mengenai Sistem dan kondisi terkini Penerapan Standar Jaminan Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan di Maluku Utara. Diapun menjabarkan data perbandingan domestik dan ekspor Maluku Utara dalam 3 tahun terakhir, jumlah Unit Pengolahan Ikan (UPI) dan supplier yang telah menerapkan standar.

"Kami sampaikan juga permasalahan yang dihadapi dalam sistem jaminan mutu dan keamanan hasil perikanan dari hulu ke hilir," tuturnya.

Arsal berharap kesimpulan kegiatan ini bisa menjadi rekomendasi kebijakan untuk disampaikan pada para pemangku kepentingan.

"Semoga ini berkontribusi positif dalam mengatasi permasalahan dan memajukan sektor perikanan di Maluku Utara guna meningkatkan kesejahteraan para nelayan," tutupnya.

Sebagai informasi, diskusi FGD dilakukan secara interaktif, melibatkan partisipasi para undangan yang hadir. Setelah pemaparan materi dari para pembicara, dilakukan sesi diskusi dan penyampaian gagasan dari masing-masing peserta. Hasil FGD kemudian dijadikan dasar untuk melakukan rapat terbatas, yang dihadiri oleh beberapa tokoh penting termasuk Ketua Komisi II DPRD Maluku Utara, Direktur Eksekutif Pusat Kajian Maritim untuk Kemanusiaan, Ketua ISPIKANI Maluku Utara, Kepala SKIPM Ternate, Kepala PPN Ternate, dan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Maluku Utara.

Sumber:

KKP WEB BKIPM

Accessible Control
cursor Bigger Cursor
brightness Brightness
contrast Contrast
monochrome Grayscale
revert Undo Changes
Logo Logo
KEMENTERIAN KELAUTAN DAN PERIKANAN REPUBLIK INDONESIA

JL. Medan Merdeka Timur No.16 Jakarta Pusat

Telp. (021) 3519070 EXT. 7433 – Fax. (021) 3864293

Email: humas.kkp@kkp.go.id

Call Center KKP: 141

Media Sosial

PENGUNJUNG

114756

© Copyright 2024, Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia