© Copyright 2024, Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia
Pastikan Keamanan Pangan, BKIPM Makassar Gelar Sidak di Pasar Modern

Rabu, 28 September 2022 | 0:0:0 WIB

MAKASSAR - Balai Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (Balai KIPM) Makassar menggelar operasi mendadak (sidak) ke pasar modern di Makassar. Kegiatan tersebut dilakukan untuk memastikan mutu dan keamanan produk perikanan yang dipasarkan di tempat tersebut.

"Kita secara acak melakukan pengecekan lapangan," kata Kepala Balai KIPM Makassar, Siti Khadijah di Makassar, Rabu (28/09/2022).

Khadijah menambahkan, dalam sidak tersebut pihaknya melibatkan instansi terkait seperti Dinas Kelautan dan Pertanian Kota Makassar. Dikatakannya, pengawasan ini sesuai dengan amanah Intruksi Presiden (Inpres) Nomor 1 Tahun 2017 tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat.

"Kami libatkan laboratorium dan teman-teman dinas terkait dalam pengecekan ini. Untuk lokasi kita pilih secara acak untuk menghindari hal yang tidak diinginkan," sambungnya.

Selama kegiatan, tim Balai KIPM Makassar melakukan pengambilan sampel berbagai jenis komoditi perikanan dari kelompok ikan demersal, ikan pelagis, crustacea, cephalopods, dan ikan hasil budidaya. Selanjutnya, sampel akan dilakukan pengujian berbagai parameter mutu hasil perikanan seperti pengujian Angka Lempeng Total, E. coli, Coliform, Salmonella, rganoleptik, formalin, dan histamin.

"Pengecekan ini dilakuakn di laboratorium Balai Besar KIPM Makassar untuk memastikan hasil perikanan yang diperjualbelikan memenuhi standar keamanan hasil perikanan," tutupnya.

Sumber:

KKP WEB BKIPM

Accessible Control
cursor Bigger Cursor
brightness Brightness
contrast Contrast
monochrome Grayscale
revert Undo Changes
Logo Logo
KEMENTERIAN KELAUTAN DAN PERIKANAN REPUBLIK INDONESIA

JL. Medan Merdeka Timur No.16 Jakarta Pusat

Telp. (021) 3519070 EXT. 7433 – Fax. (021) 3864293

Email: humas.kkp@kkp.go.id

Call Center KKP: 141

Media Sosial

PENGUNJUNG

114771

© Copyright 2024, Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia