© Copyright 2024, Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia

Satuan Pendidikan KP Gunakan Pendekatan Teknologi dalam Ciptakan SDM Berkualitas

Jumat, 7 Juni 2024 | 11:38:41 WIB


SIARAN PERS

KEMENTERIAN KELAUTAN DAN PERIKANAN

NOMOR: SP.194/SJ.5/VI/2024

 

 

 

DUMAI, (5/6)- Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) terus berupaya meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) nya. Salah satunya menggunakan pendekatan teknologi dalam melakukan pembenahan Satuan Pendidikan yang dimiliki Kementerian Kelautan dan Perikanan.

 

 

Menteri Kelautan dan Perikanan, Sakti Wahyu Trenggono mengatakan, untuk melahirkan SDM berkualitas yang mampu mengawal Program Ekonomi Biru, satuan pendidikan KP harus terus beradaptasi terhadap perkembangan teknologi dalam sektor kelautan dan perikanan.

 

 

“Ke depan, kita akan melakukan re-enginering Politeknik KP untuk tingkatkan kualitas pendidikan. SDM yang berkualitas dan adaptif menjadi kunci dalam menjaga kedaulatan laut kita, serta mampu bersaing di pasar global yang semakin kompetitif," kata Menteri Trenggono, dalam kunjungannya ke Politeknik KP Dumai, awal Juni kemarin.

 

 

Menteri Trenggono menjelaskan, transformasi Ocean Institute of Indonesia (OII) yang menjadi konsep pembenahan Satuan Pendidikan KP mencakup peningkatan fasilitas dan sarana pendidikan, termasuk laboratorium dan peralatan modern yang mendukung pembelajaran yang lebih interaktif dan aplikatif. 

 

 

Selain itu, KKP juga akan melakukan pengembangan kurikulum untuk memastikan bahwa lulusan dari Satuan Pendidikan KP memiliki pengetahuan dan keterampilan yang relevan dengan tuntutan industri saat ini dan masa depan. 

 

 

“Melalui modernisasi sarana, prasarana dan pengembangan kurikulum, kita juga akan tingkatkan kesejahteraan tenaga pendidik," ujarnya.

 

 

Menteri Trenggono percaya bahwa dengan pembenahan ini, Indonesia akan mampu menghasilkan SDM yang unggul dan mampu bersaing secara global dalam industri kelautan dan perikanan, serta lebih siap menghadapi tantangan dan peluang di masa depan.

 

 

Sebagai informasi, Ocean Institute of Indonesia (OII) merupakan penggabungan seluruh satuan pendidikan tinggi bidang kelautan dan perikanan yang dimiliki KKP dengan kampus utama di Politeknik Ahli Usaha Perikanan (AUP) Jakarta dan revitalisasi pelatihan dan sertifikasi kelautan dan perikanan serta optimalisasi peran penting penyuluh.

 

 

Dalam upaya menciptakan SDM produktif, unggul, dan berwawasan global yang siap menyukseskan pembangunan sektor KP, khususnya kebijakan ekonomi biru sebagai program prioritas KKP, satuan pendidikan KP memiliki 7.936 taruna dan menerima lebih dari 5.000 orang anak pelaku utama/pendukung kelautan dan perikanan pada Tahun Ajaran 2023/2024. 

 

 

Satuan pendidikan tersebut didukung oleh 584 tenaga pendidik dan 1.061 tenaga kependidikan pada 11 perguruan tinggi dan 5 sekolah menengah. Satuan pendidikan KP juga memiliki tujuh program studi, yakni Teknologi Pengolahan Hasil, Budidaya Perikanan, Penangkapan, Penyuluhan Perikanan, Pengelolaan Sumber Daya Pesisir, Teknologi Kelautan, Hingga Konservasi dan Wisata Bahari.

 

 

HUMAS BPPSDM KP

Sumber:

KKP WEB

Accessible Control
cursor Bigger Cursor
brightness Brightness
contrast Contrast
monochrome Grayscale
revert Undo Changes
Logo Logo
KEMENTERIAN KELAUTAN DAN PERIKANAN REPUBLIK INDONESIA

JL. Medan Merdeka Timur No.16 Jakarta Pusat

Telp. (021) 3519070 EXT. 7433 – Fax. (021) 3864293

Email: humas.kkp@kkp.go.id

Call Center KKP: 141

Media Sosial

PENGUNJUNG

143601

© Copyright 2024, Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia