© Copyright 2024, Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia
BKIPM Lampung Gelar Bimtek Penyakit Udang

Sabtu, 30 September 2023 | 0:0:0 WIB

BKIPM Lampung Gelar Bimtek Penyakit Udang

 

LAMPUNG - Balai Karantina Ikan, Pengendalian Mutu, dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Lampung menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) dalam rangka Bulan Mutu Karantina (BMK) Tahun 2023. Acara ini diselenggarakan di Kampung Bratasena Adiwarna, Kecamatan Dente Teladas, Kabupaten Tulang Bawang, Provinsi Lampung, pada Sabtu, 23 September 2023.

 

"Kegiatan Bimtek ini dilaksanakan sebagai bagian dari rangkaian pelaksanaan BMK dan difokuskan pada tema Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Udang," ujar Kepala BKIPM Lampung, Ashari Syarif.

 

Tema tersebut dipilih berdasarkan koordinasi dengan Hanan A. Rozak, selaku Anggota Komisi IV DPR RI, yang turut hadir dalam acara bersama timnya. Dalam sambutannya, Kepala Pusat Sistem Sertifikasi Karantina (SSK) memberikan informasi mengenai arah kebijakan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) untuk tahun 2020–2024. Beberapa fokus utama mencakup penangkapan ikan berbasis kuota/zona, pengembangan perikanan budidaya laut, pesisir, dan pedalaman yang ramah lingkungan, serta peningkatan daya saing hasil kelautan dan perikanan. Selain itu, penanganan dan pengelolaan sampah laut melalui program Bulan Cinta Laut juga menjadi prioritas.

 

Kemudian materi tentang pengendalian dan pencegahan penyakit Udang Vanamae sp. disampaikan oleh Inspektur Karantina Ikan BKIPM Lampung.

 

"Kami memberikan wawasan dan pemahaman yang mendalam kepada peserta terkait langkah-langkah konkret dalam menjaga kesehatan dan mutu udang, khususnya dalam konteks pengendalian penyakit," urainya.

 

Ashari berharap kegiatan ini dapat memberikan kontribusi positif dalam upaya pengendalian penyakit udang dan meningkatkan kesadaran masyarakat perikanan terhadap pentingnya penerapan protokol karantina ikan untuk menjaga kesehatan dan keamanan hasil perikanan.

Sumber:

KKP WEB BKIPM

Accessible Control
cursor Bigger Cursor
brightness Brightness
contrast Contrast
monochrome Grayscale
revert Undo Changes
Logo Logo
KEMENTERIAN KELAUTAN DAN PERIKANAN REPUBLIK INDONESIA

JL. Medan Merdeka Timur No.16 Jakarta Pusat

Telp. (021) 3519070 EXT. 7433 – Fax. (021) 3864293

Email: humas.kkp@kkp.go.id

Call Center KKP: 141

Media Sosial

PENGUNJUNG

114769

© Copyright 2024, Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia