© Copyright 2024, Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia

Arsip Kemaritiman Jadi Kompas Kebijakan Sektor KP

Rabu, 10 Juli 2024 | 18:07:52 WIB


SIARAN PERS

KEMENTERIAN KELAUTAN DAN PERIKANAN

NOMOR: SP.246/SJ.5/VII/2024

 

 

 

JAKARTA, (8/7) - Kementerian Kelautan dan Perikanan serius mengelola arsip kemaritiman sebagai acuan dalam pengambilan kebijakan di sektor kelautan dan perikanan.

 

 

Staf Ahli Menteri Bidang Ekologi dan Sumber Daya Laut, Hendra Yusran Siry mengatakan bahwa selama ini KKP berperan penting khususnya dalam menjaga arsip kemaritiman.

 

 

"Arsip kemaritiman menyimpan catatan sejarah yang berkaitan dengan kegiatan kelautan dan perikanan, termasuk data mengenai perkembangan kebijakan, program, dan kegiatan yang dilakukan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan dari waktu ke waktu. Hal ini sangat penting untuk membantu para pembuat kebijakan dalam merumuskan kebijakan yang lebih baik dan efektif," ungkap Hendra Yusran.

 

 

Selain itu, dengan melakukan pengarsipan yang rapih serta sistematis dapat berfungsi sebagai sumber informasi bagi masyarakat untuk lebih mengetahui tentang sektor kelautan dan perikanan.

 

 

Menurut Plt. Kepala Arsip Nasional RI, Imam Gunarto menuturkan bahwa kita harus mengingat pidato Bung Karno terkait dengan besarnya pengaruh kemaritiman Indonesia untuk kemajuan bangsa.

 

 

"Indonesia tidak bisa menjadi satu negara yang kuat sentosa, sejahtera, jikalau kita tidak menguasai samudera, jikalau kita tidak kembali menjadi bangsa bahari, bangsa pelaut, sebagai kita kenal di jaman bahari", ucapnya mengutip pidato Bung Karno.

 

 

Hadir pula Mira Puspita Rini, Direktur Penyelamatan Arsip sebagai pemateri untuk Strategi Pelindungan dan Penyelamatan Arsip Milik Negara yang dilanjutkan dengan materi Penyerahan Arsip Statis yang meliputi penyerahan arsip statis dan penyelamatan arsip kemaritiman.

 

 

Pentingnya kearsipan sebagai kompas KKP untuk menentukan arah kebijakan yang lebih baik ini, dibuktikan dengan Program Prioritas sebagai wujud implementasi Ekonomi Biru yang digaungkan oleh Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono sebagai tonggak pergerakan sektor kelautan dan perikanan di masa kepemimpinannya kini.

 

 

Program Prioritas KKP ini meliputi memperluas kawasan konservasi laut; penangkapan ikan terukur berbasis kuota; pembangunan budi daya laut, pesisir dan darat yang berkelanjutan; pengawasan dan pengendalian kawasan pesisir dan pulau-pulau kecil; serta pembersihan sampah plastik di laut melalui gerakan partisipasi nelayan yang disebut Bulan Cinta Laut.

 

 

Sebagai informasi, KKP menyelenggarakan Rakor Kearsipan tahun 2024, dari ini juga dijadikan momentum untuk penandatanganan Berita Acara Penyerahan Arsip Statis dari KKP, penandatanganan bersama Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip oleh seluruh unit kearsipan I dan II, serta penyerahan piagam penghargaan atas hasil pengawasan kearsipan internal, peran serta penyerahan arsip statis dan peran aktif SDM Kearsipan.

 

 

 

BIRO HUBUNGAN MASYARAKAT DAN KERJA SAMA LUAR NEGERI KKP

Sumber:

KKP WEB

Accessible Control
cursor Bigger Cursor
brightness Brightness
contrast Contrast
monochrome Grayscale
revert Undo Changes
Logo Logo
KEMENTERIAN KELAUTAN DAN PERIKANAN REPUBLIK INDONESIA

JL. Medan Merdeka Timur No.16 Jakarta Pusat

Telp. (021) 3519070 EXT. 7433 – Fax. (021) 3864293

Email: humas.kkp@kkp.go.id

Call Center KKP: 141

Media Sosial

PENGUNJUNG

143369

© Copyright 2024, Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia