© Copyright 2024, Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia
Layanan Prima UPT KKP Raih Penghargaan dari Kemenpan-RB

Selasa, 6 Desember 2022 | 0:0:0 WIB

JAKARTA - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menempatkan Balai Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (Balai KIPM) Makassar sebagai 1 diantara 3 terbaik peraih Anugerah Bersama Pelayanan Publik-Reformasi Birokrasi 2022. Kegiatan yang dilakukan oleh Kemenpan-RB ini mengukur dan mengevaluasi Unit Pelayanan Publik (UPP) kementerian/lembaga.

"Tentu ini sebuah kehormatan bagi kami karena salah satu unit pelaksana teknis (UPT) kami termasuk yang meraih predikat terbaik," kata Sekretaris BKIPM, Hari Maryadi saat mwakili KKP menerima penganugerahan tersebut, Selasa (6/12/2022).

Dalam kesempatan ini, hari mengapresiasi Balai KIPM Makassar karena telah memberikan layanan publik yang prima hingga mendapat penghargaan dari Kemenpan-RB. Dia berharap, raihan ini semakin memotivasi seluruh pegawai BKIPM untuk terus memberikan yang terbaik bagi masyarakat.

"Kami bangga atas penghargaan ini, semoga ini juga menjadi movitasi bagi yang lain untuk turut memberikan layanan prima," ujar Hari.

Sementara Kepala Balai KIPM Makassar, Siti Chadijah mengatakan pedoman penilaian kinerja UPP meliputi 6 aspek. Keenam poin ini meliputi kebijakan pelayanan, profesionalisme SDM, sarana prasarana, sistem informasi pelayanan publik, konsultasi dan pengaduan serta inovasi pelayanan.

Selain itu, pada tanggal 22 Agustus 2022 juga dilaksanakan kegiatan Pemantauan dan Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pelayanan Publik melalui desk evaluasi secara virtual. Saat itu, BKIPM Makassar memaparkan profiling layanan, sarana dan prasarana pelayanan serta inovasi pelayanan publik/

"Sebuah kebanggan kami terpilih mewakili KKP dalam kegiatan UPP tahun ini. Semoga apresiasi ini bisa terus dipertahankan melalui layanan-layanan yang memudahkan para stakeholder," kata Chadijah.

Sebagai informasi, dalam melaksanakan amanat Undang-undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik, Kementerian PAN RB melaksanakan pemantauan dan evaluasi kinerja penyelenggaraan pelayanan publik, guna memperoleh gambaran tentang kondisi kinerja untuk kemudian dilakukan perbaikan dalam rangka peningkatan kulaitas pelayanan publik. Selain itu, telah dilaksanakan pemeringkatan berdasarkan hasil penilaian kinerja agar unit penyelenggara pelayanan publik yang dievaluasi dapat menentukan langkah-langkah perbaikan kedepannya supaya pelayanan prima dapat terlaksana sesuai harapan masyarakat.

Tahun ini, terpilih 3 nominator di antara Balai KIPM Makassar, BPS Sumatera Selatan, dan Direktorat Telekomunikasi Kominfo.

Sebelumnya, Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono meminta jajarannya melahirkan inovasi-inovasi yang tujuannya untuk mensejahterakan masyarakat kelautan dan perikanan, menjaga keberlanjutan ekosistem, serta menambah pemasukan bagi negara. Nilai-nilai dasar yang harus dijunjung tinggi oleh setiap Aparatur Sipil Negara di lingkungan KKP yakni cerdas, akuntabel, integritas, loyalitas, inovatif, kerjasama, disiplin, profesional, dan pelayanan prima yaitu memberikan pelayanan dengan sebaik-baiknya kepada pihak terkait yang membutuhkan pelayanan.

Sumber:

KKP WEB BKIPM

Accessible Control
cursor Bigger Cursor
brightness Brightness
contrast Contrast
monochrome Grayscale
revert Undo Changes
Logo Logo
KEMENTERIAN KELAUTAN DAN PERIKANAN REPUBLIK INDONESIA

JL. Medan Merdeka Timur No.16 Jakarta Pusat

Telp. (021) 3519070 EXT. 7433 – Fax. (021) 3864293

Email: humas.kkp@kkp.go.id

Call Center KKP: 141

Media Sosial

PENGUNJUNG

114757

© Copyright 2024, Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia