© Copyright 2024, Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia
Cara Sederhana Mengenali Ikan Peliharaan Sedang Sakit

Senin, 10 April 2023 | 0:0:0 WIB

Sebagai seorang pehobi ikan hias, salah satu skill dasar yang perlu dimiliki ialah mengenali ikan sakit atau sedang tidak sehat. Karena dengan mengenal ciri ikan yang sakit, pehobi bisa mencegah penularan sekaligus menyelamatkan ikan lain.

Lalu apa ciri ikan yang tidak sehat atau sedang sakit?

- Perubahan perilaku

Perhatikan perubahan perilaku ikan Anda. Jika ikan yang biasanya aktif tiba-tiba menjadi lemas atau tidak bergerak sama sekali, ini bisa menjadi tanda bahwa ikan tersebut tidak sehat. Ikan yang sakit juga mungkin cenderung bersembunyi atau terlihat stres. 

- Kehilangan nafsu makan

Jika ikan Anda tiba-tiba kehilangan nafsu makan atau menolak makanan, ini bisa menjadi indikasi bahwa ikan tersebut tidak merasa baik atau mengalami masalah kesehatan. Kehilangan nafsu makan dapat menjadi tanda awal dari berbagai penyakit.

- Perubahan warna atau tampilan fisik

Perhatikan perubahan warna atau tampilan fisik ikan. Jika warna tubuh ikan memudar atau terlihat pudar, ini bisa menunjukkan adanya masalah kesehatan. Selain itu, luka atau bintik-bintik pada kulit juga bisa menjadi tanda bahwa ikan mengalami masalah kesehatan.

- Gangguan pernapasan

Perhatikan cara ikan Anda bernapas. Jika ikan tampak kesulitan bernapas atau sering mengedipkan insangnya, ini bisa menunjukkan adanya masalah pernapasan atau masalah kualitas air.

- Perubahan pola renang atau gerakan

Jika Anda melihat perubahan pola renang atau gerakan ikan Anda, seperti ikan terdampar di permukaan air atau berenang secara aneh, ini bisa menunjukkan adanya masalah kesehatan. Ikan yang sakit mungkin juga cenderung berenang lambat atau terlihat tidak seimbang.

Sumber:

KKP WEB BKIPM

Accessible Control
cursor Bigger Cursor
brightness Brightness
contrast Contrast
monochrome Grayscale
revert Undo Changes
Logo Logo
KEMENTERIAN KELAUTAN DAN PERIKANAN REPUBLIK INDONESIA

JL. Medan Merdeka Timur No.16 Jakarta Pusat

Telp. (021) 3519070 EXT. 7433 – Fax. (021) 3864293

Email: humas.kkp@kkp.go.id

Call Center KKP: 141

Media Sosial

PENGUNJUNG

114763

© Copyright 2024, Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia