© Copyright 2024, Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia
KKP Gencarkan Program Alumni Mengajar

Rabu, 22 Desember 2021 | 0:0:0 WIB

 

JAKARTA (22/11) - Sumber daya manusia (SDM) unggul merupakan salah satu kunci utama dalam mewujudkan suksesnya pembangunan kelautan dan perikanan. Untuk itu, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) terus meningkatkan kapasitas SDM, salah satunya melalui pendidikan tinggi. Tercatat saat ini KKP telah meluluskan 50.973 alumni dari satuan pendidikan tinggi lingkup KKP. Para alumni tersebut diajak berbakti untuk negeri dengan mengajar sebagai tenaga profesional di sektor kelautan dan perikanan.

Hal tersebut disampaikan Plt. Kepala Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan (BRSDM) Kusdiantoro mewakili Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono pada Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) II Koral AUP-STP, Korps Alumni Politeknik Ahli Usaha Perikanan (AUP), salah satu satuan pendidikan KKP, Sabtu (20/11/2021) di Pangandaran, Jawa Barat.

Sebelumnya, pada wisuda satuan pendidikan tinggi lingkup KKP, 25 Agustus 2021, Menteri Trenggono menyampaikan, pengembangan SDM yang dilakukan KKP selaras dengan arahan Presiden Joko Widodo yang disampaikan pada rapat terbatas, 4 Agustus 2021, dimana Pemerintah diminta untuk terus meningkatkan kapasitas serta mutu pendidikan dan pelatihan vokasi untuk menyiapkan SDM unggul sesuai dengan kebutuhan dunia usaha dan dunia industri.

"Saya menunggu para lulusan untuk berpartisipasi dalam program alumni mengajar, sebagaimana telah saya sampaikan pada beberapa kesempatan lalu saat wisuda lulusan perguruan tinggi lingkup KKP, juga saat dies natalis Politeknik Ahli Usaha Perikanan. Mari bagikan ilmu yang bermanfaat, motivasi dan semangat bagi adik-adik Taruna untuk memperoleh kehidupan yang lebih baik," tutur Kusdiantoro.

Program alumni mengajar tersebut telah berjalan di satuan-satuan pendidikan lingkup KKP, termasuk di Politeknik AUP. Para alumni yang telah sukses di bidang usahanya masing-masing menjadi pengajar dari kalangan praktisi bersama-sama dalam satu tim dengan dosen tetap, sehingga pendidikan yang diberikan selalu mengikuti perkembangan di dunia usaha dan dunia industri. Kusdiantoro berharap program ini dapat terus ditingkatkan.

Ia juga menyampaikan, KKP berkomitmen penuh dalam meningkatkan kualitas SDM melalui pendidikan vokasi. Sebanyak 23 satuan pendidikan di bawah KKP diantaranya 14 satuan pendidikan tinggi, dengan jumlah lulusan sebanyak 50.973 orang, dengan jumlah lulusan Politeknik AUP sampai dengan saat ini sebanyak 11.796 orang.

"Peran pendidikan kelautan dan perikanan adalah mengembangkan kualitas dan kuantitas SDM yang unggul, berintegritas, produktif, kreatif dan inovatif berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi yang berkelanjutan. Dalam mengembangkan pendidikan tinggi vokasi, pemerintah dan dunia usaha bekerja sama menyusun dan mendesain kerangka pendidikan untuk menciptakan lulusan yang unggul dan berjiwa wirausaha. Tolok ukur keberhasilan penyelenggaraan pendidikan adalah lulusan dapat diterima dengan mudah di dunia usaha dan industri," ujar Kusdiantoro.

Ia berharap, lulusan pendidikan vokasi kelautan dan perikanan dapat mendukung program terobosan KKP yang bermuara pada keberlanjutan sumber daya kelautan dan perikanan nasional. Pertama, peningkatan penerimaan negara bukan pajak sumber daya alam perikanan tangkap. Kedua, pengembangan budidaya berorientasi ekspor untuk komoditas unggulan udang, lobster, kepiting dan rumput laut. Ketiga, pembangunan kampung perikanan budidaya berbasis kearifan lokal di pedalaman, pesisir dan laut.

Selain itu, ia juga berharap, lulusan pendidikan vokasi kelautan dan perikanan khususnya alumni Politeknik AUP dapat menjadi enterprenuer kelautan dan perikanan serta menciptakan lapangan kerja baru. Harapannya dapat merangkul lulusan yang memiliki minat pada usaha di bidang kelautan dan perikanan, sehingga ada siklus mentoring yang dilakukan antar lulusan yang sudah berpengalaman dengan lulusan yang akan memulai usahanya. Hal ini akan menjadi jejaring yang melahirkan entrepreneur-enterpreneur baru mendukung kemajuan sektor kelautan dan perikanan.

"Pada kesempatan yang baik ini saya ucapkan terima kasih atas dukungan dan kontribusi Korps Alumni AUP-STP kepada seluruh program Kementerian Kelautan dan Perikanan. Semoga menjadi bagian dari upaya kita memberikan sumbangsih terbaik untuk bangsa, negara dan masyarakat," tutupnya.

HUMAS BRSDM

Sumber:

KKP WEB BPPSDMKP

Accessible Control
cursor Bigger Cursor
brightness Brightness
contrast Contrast
monochrome Grayscale
revert Undo Changes
Logo Logo
KEMENTERIAN KELAUTAN DAN PERIKANAN REPUBLIK INDONESIA

JL. Medan Merdeka Timur No.16 Jakarta Pusat

Telp. (021) 3519070 EXT. 7433 – Fax. (021) 3864293

Email: humas.kkp@kkp.go.id

Call Center KKP: 141

Media Sosial

PENGUNJUNG

114761

© Copyright 2024, Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia