Kinerja Pelayanan Publik yang Efektif: Solusi untuk Meningkatkan Pendapatan Non-Pajak
Senin, 8 Juli 2024
Pelayanan publik merupakan salah satu indikator utama dalam mewujudkan good governance. Oleh karena itu, perlu dilakukan upaya-upaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik, baik dari sisi kebijakan, infrastruktur, maupun sumber daya manusia.
Pelayanan Publik sendiri merupakan kegiatan atau rangkaian kegiatan dalam rangka pemenuhan kebutuhan pelayanan sesuai dengan peraturan perundang-undangan bagi setiap warga negara dan penduduk serta pihak internal atas barang, jasa, dan/atau pelayanan administratif yang dilaksanakan di instansi pemerintahan.
Upaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik perlu dilakukan secara berkelanjutan dan melibatkan semua pihak, baik pemerintah, swasta, maupun masyarakat. Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik diantaranya yaitu:
Selain itu, dalam rangka efektifitas pelaksanaan penyelenggaraan Pelayanan Publik maka perlu dilakukan pembinaan dan pengawasan. Sesuai PermenKP Nomor 15 tahun 2021 tentang Pelayanan Publik di Lingkungan Kementerian Kelautan dan Perikanan, Itjen KKP telah dimandatkan untuk melakukan pengawasan, salah satunya melalui kegiatan asistensi dan evaluasi. Beberapa kegiatan yang telah dilakukan Itjen yaitu:
Evaluasi pelayanan publik oleh Itjen merupakan salah satu upaya penting dalam mewujudkan pelayanan publik yang prima dan berkualitas. Dengan melakukan evaluasi secara berkala, diharapkan penyelenggara pelayanan publik dapat terus meningkatkan kinerjanya dan memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat.
JL. Medan Merdeka Timur No.16 Jakarta Pusat
Telp. (021) 3519070 EXT. 7433 – Fax. (021) 3864293
Email: humas.kkp@kkp.go.id
Call Center KKP: 141