SKIPM Kedepankan Edukasi Karantina kepada Pengguna Jasa

Sabtu, 24 September 2022


BANDUNG - Stasiun Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (SKIPM) Bandung menjadikan edukasi sebagai motivasi utama dalam memberikan layanan. Karenanya, setiap pengguna jasa atau masyarakat yang datang ke kantor SKIPM akan dijelaskan terkait perkarantinaan sekaligus peluang akses pasar ekspor.

"Kita ingin menjadikan karantina sebagai kebutuhan bukan kewajiban, tentu ini akan berbeda hasilnya," ujar Kepala SKIPM Bandung, Agung Eka Susila, Kamis (22/9/2022).

Agung pun menjelaskan, jika masyarakat menyadari pentingnya karantina, mereka akan menjalankan quality assurance secara sukarela dan cenderung menikmati prosesnya. Sebaliknya, jika karantina dijadikan kewajiban, maka mereka akan dituntut dan cenderung terpaksa.

"Nah, kita ingin pendekatan edukasi membuat masyarakat nyaman, termasuk petugas kami yang mendampingi quality assurance juga jadi semangat," sambungnya.

Dalam kesempatan tersebut, Agung menyontohkan saat petugas SKIPM Bandung menerima kedatangan pengguna jasa baru. Saat itu, dia ingin berkonsultasi tentang pengiriman domestik dan ekspor sidat.

"Jadi kami jelaskan bahwa karantina memastikan produk yang mereka kirim bermutu dan berkualitas. Dengan begitu konsumen akan percaya dan cenderung balik lagi nantinya," urainya.

Dikatakannya, pendekatan ini juga telah dipahami oleh para pegawai SKIPM Bandung. Terutama bagian Pelaksana Koordinasi Urusan Tata Pelayanan. "Semoga ini menjadi ikhtiar yang baik untuk menumbuhkan perikanan di Bandung dan sekitarnya," tutupnya.

Sumber:

KKP WEB BKIPM

Logo Logo
Badan Pengendalian dan Pengawasan Mutu Hasil Kelautan dan Perikanan

Badan Pengendalian dan Pengawasan Mutu Hasil Kelautan dan Perikanan Jl. Medan Merdeka Timur No. 16 Gd Mina Bahari II Lt 6 Email: info@bkipm.kkp.go.id Telp : 021-3513306 Fax : 021-3513282

Media Sosial

PENGUNJUNG

167893

© Copyright 2024, Kementerian Kelautan dan Perikanan RI