KKP Gelar Evaluasi dan Penilaian demi Tingkatkan Layanan Publik

Selasa, 29 November 2022


JAKARTA - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) berkomitmen memberikan layanan prima kepada masyarakat. Guna memacu unit kerja di unit pelayanan teknis (UPT) hingga satuan kerja (Satker), KKP rutin melakukan evaluasi sekaligus penilaian UPT terbaik di akhir tahun.

Adapun tahun ini, 12 satker KKP masuk kategori pelayanan prima dengan nilai indeks pelayanan publik (IPP) diatas 4,5 dari total nilai maksimal 5.

"Luar biasa 6 satker diantaranya merupakan unit layanan BKIPM yaitu Puskari, Pusat Pengendalian Mutu, BUSKIPM, BKIPM Manado, SKIPM Pekan Baru dan SKIPM Pangkal Pinang," kata Sekretaris Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM), Hary Maryadi yang mewakili Kepala BKIPM, .. (29/11/2022).

Hari mengatakan, BUSKIPM dievaluasi terkait tiga jenis pelayanan yaitu pelayanan Pengujian, Uji Profisiensi dan Penyediaan Bahan Acuan. Hasilnya, Sakter BKIPM bahkan meraih angka 4,8.

"Alhamdulillah BUSKIPM memperoleh nilai tertinggi 4,8 dari nilai maksimal 5,0," ujar Hari.

Dalam kesempatan ini, Hari memotivasi jajaran BKIPM agar terus memberikan layanan terbaik kepada masyarakat. Menurutnya, layanan prima BKIPM sebagai penyelenggara fungsi quality assurance (QA) sangat berdampak bagi masyarakat.

Dikatakannya, penerapan QA yang konsisten membuat masyarakat bisa menikmati hasil perikanan yang bermutu dan berkualitas. Sementara bagi pelaku usaha, implementasi QA membuat produk mereka bisa diterima di pasar ekspor sekaligus membuktikan bahwa produk yang dihasilkan benar-benar bermutu dan berkualitas.

"Tentu ini sebuah prestasi yang patut kita syukuri dan jadikan motivasi untuk terus melayani terutama dari sisi quality assurance," tutupnya.

Sebagai informasi, dalam kesempatan ini, BUSKIPM dan 12 unit layanan KKP lainnya menerima penghargaan sebagai Penyelenggara Pelayanan Publik Kategori Pelayanan Prima dari Tim Penilai Internal Irjen KKP. Evaluasi kinerja pelayanan publik dilakukan terhadap 43 satker pelayanan KKP.

Sebelumnya, Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono meminta jajarannya melahirkan inovasi-inovasi yang tujuannya untuk mensejahterakan masyarakat kelautan dan perikanan, menjaga keberlanjutan ekosistem, serta menambah pemasukan bagi negara. Nilai-nilai dasar yang harus dijunjung tinggi oleh setiap Aparatur Sipil Negara di lingkungan KKP yakni cerdas, akuntabel, integritas, loyalitas, inovatif, kerjasama, disiplin, profesional, dan pelayanan prima yaitu memberikan pelayanan dengan sebaik-baiknya kepada pihak terkait yang membutuhkan pelayanan.

Sumber:

KKP WEB BKIPM

Logo Logo
Badan Pengendalian dan Pengawasan Mutu Hasil Kelautan dan Perikanan

JL. Medan Merdeka Timur No.16 Jakarta Pusat

Telp. (021) 3519070 EXT. 7433 – Fax. (021) 3864293

Email: humas.kkp@kkp.go.id

Call Center KKP: 141

Media Sosial

Pengunjung

1 2
© Copyright 2024, Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia