HUT KKP ke-25, BPPMHKP Ternate Gelar Coaching Klinik di Pasar

Minggu, 27 Oktober 2024


TERNATE - Badan Pengendalian dan Pengawasan Mutu Hasil Kelautan dan Perikanan (BPPMHKP) Ternate memperingati HUT KKP Ke-25 dengan sosialisasi mutu ikan dan coaching klinik di Pelabuhan Perikanan Nusantara, Ternate. Kegiatan inidihadiri oleh 35 peserta.

 

"Alhamdulillah para peserta terdiri dari nelayan, pemasar, suplier perikanan dan pengawas mutu di lingkungan Pelabuhan Perikanan, turut ikut serta pula kepala PPN Ternate dan dari Dinas Perikanan Kota Ternate," jelas Kepala BPPMHKP Ternate, Arsal, Jumat (26/10/2024).

 

Dalam sambuntannya, Arsal berharap kegiatan ini dapat menambah pengetahuan bagi stakeholder lingkup kawasan pelabuhan untuk dapat menjaga kualitas ikan yang ditangani. Dengan begitu, diharapkan bisa meningkatkan daya saing produk hasil perikanan dari Maluku Utara. 

 

"Semoga kegiatan hari ini bermanfaat terutama untuk mengingkatkan nilai tambah produk perikanan," jelasnya.

 

Di tempat yang sama, Kepala PPN Ternate turut menyampaikan perlunya menjaga mutu dari sejak ikan ditangkap hingga sampai ke konsumen. Para pemangku kepentingan berterimakasih kepada BPPMHKP dan apresiasi atas penyelenggaraan kegiatan ini di PPN Ternate . 

 

Sebagai informasi, setelah pembukaan  kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Inspektur Mutu BPPMHKP Ternate terkait Imformasi kelembagaan BPPMHKP, tugas dan fungsi BPPMHKP, Layanan sertifikasi, potensi ikan sebagai bahan pangan yang harus dijaga mutunya, kemunduran mutu ikan, prinsip penanganan ikan segar dan sanitasi serta ditunjukkan gambar gambar yang baik dan benar dalam penanganan ikan. 

 

"Pada sesi diskusi peserta sangat antusias dalam dialog  dan juga diberikan pertanyaan kuis serta diberikan hadiah bagi peserta," tutur Arsal.

 

Usai diskusi, dilanjutkan kegiatan coaching klinik yang dilaksanakan di pasar hiegenis PPN Ternate yang secara langsung beraudiensi bersama pemasar ikan dengan melakukan pengambilan sampel dan pengujian langsung di pasar dengan uji organoleptik, formalin menggunakan test kit dan hasil uji langsung diserahkan kepada pemasar ikan. 

 

Pada kegiatan ini juga disampaikan edukasi dan pemberian brosur Cara Penanganan Ikan Yang Baik, Tips dan Trik Berjualan Ikan Segar yang Baik, Bahaya Histamin pada Hasil Perikanan, Membedakan Ikan Segar dan Ikan Yang Berformalin.

 

Sumber:

Admin BPPMHKP KKP

Logo Logo
Badan Pengendalian dan Pengawasan Mutu Hasil Kelautan dan Perikanan

JL. Medan Merdeka Timur No.16 Jakarta Pusat

Telp. (021) 3519070 EXT. 7433 – Fax. (021) 3864293

Email: humas.kkp@kkp.go.id

Call Center KKP: 141

Media Sosial

Pengunjung

1 2
© Copyright 2025, Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia