World Ocean Day, KKP Peringati bersama Anak-anak TBM Kolong melalui Literasi Kelautan

Senin, 10 Juni 2024 | 09:52:38 WIB


SIARAN PERS

KEMENTERIAN KELAUTAN DAN PERIKANAN

NOMOR: SP.205/SJ.5/VI/2024

TANGERANG SELATAN (9/6) – Kementerian Kelautan dan Perikanan menggerakkan seluruh unit kerja untuk secara serentak melakukan peringatan World Ocean Day yang jatuh pada tanggal 8 Juni setiap tahunnya dengan beragam aksi nyata untuk menjaga keberlanjutan ekosistem laut. 

 

Salah satunya dengan mengajak anak Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Kolong Ciputat Tangerang Selatan untuk menjaga ekosistem perairan Indonesia melalui edukasi dan literasi.

 

“Kegiatan edukasi dan literasi  ini kami lakukan dalam rangka memperluas cakupan sasaran KKP dalam mengajak masyarakat menjaga ekosistem perairan Indonesia. Kali ini KKP mengedukasi anak-anak TBM Kolong Ciputat dengan cara yang menarik dan ringan sehingga mudah dipahami oleh anak-anak,” ujar Rudy Heriyanto Adi Nugroho, Sekretaris Jenderal KKP.

 

Adapun ragam kegiatan yang dilakukan adalah ⁠storygami (storytelling dan origami) dongeng Cinta Laut, ⁠⁠pengenalan biota laut dilindungi menggunakan permainan edukatif berupa stiker bertemakan dunia bawah laut, serta lomba mewarnai biota laut dengan dua kategori yaitu usia 5-9 tahun dan 10-15 tahun.

 

Selain itu, dalam acara yang menargetkan 60 peserta ini juga diberikan secara gratis buku bacaan anak serta alat tulis yang mampu menunjang aktivitas belajar dan mengajar TBM Kolong.

 

“Selain memberikan edukasi serta literasi kepada anak-anak TBM Kolong, kami juga berusaha mendukung kebutuhan belajar mengajar di sini dengan memberikan bantuan berupa buku bacaan anak, alat tulis dan alat kerja berupa printer," tambah Rudy.

 

Sebagai informasi, adapun tema WOD tahun 2024 adalah Mengkatalisasi Aksi untuk Laut dan Iklim Kita (Catalyzing Action for Our Ocean & Climate), yaitu mendorong kolaborasi transformatif yang bertujuan untuk menciptakan tidak hanya planet biru yang sehat, namun juga masyarakat yang lebih adil, setara, dan berkelanjutan.

 

Pada World Ocean Day 2024 kali ini, selain literasi dan edukasi terkait sektor kelautan dan perikanan, berbagai kegiatan lainnya dilakukan guna memperingati WOD oleh unit kerja KKP di seluruh Indonesia, seperti Bincang Bahari, Podcast Segara, kampanye media sosial, kegiatan bersih pantai dan laut di wilayah kerja masing-masing, hingga bimbingan teknis mengenai transplantasi terumbu karang dan pembibitan mangrove untuk warga lokal daerah.

 

Gerakan tersebut sejalan dengan visi Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono yang terus menggaungkan keberlanjutan ekologi laut dan mengajak masyarakat lebih sadar menjaga laut Indonesia sebagai halaman depan rumah kita yang penuh sumber penghidupan.

 

"Jadikan laut sebagai halaman depan, jangan buang sampah utamanya plastik ke laut. Jadi harus betul-betul pastikan bahwa laut itu bersih, karena laut memberi kehidupan umat manusia. Kalau umat manusia ini ingin berlangsung dengan aman dan baik, dan sehat, maka jagalah laut," ucap Menteri Trenggono baru-baru ini.

 

Lebih lanjut Menteri Trenggono berharap agar masyarakat sadar bahwa Indonesia merupakan negara maritim sehingga dalam memanfaatkan sumber daya laut yang ada tidak melibatkan kepentingan ekonomi untuk meraup keuntungan semata dari hasil sumber daya laut, namun juga memperhitungkan keseimbangan ekologi dan nilai keberlanjutannya.

 

"Saat ini masih banyak yang belum menyadari pentingnya laut itu sehat. Jadi kalau narasi besarnya, jaga ekologi laut itu tetap terjaga dengan baik, dari tekanan-tekanan ekonomi. Itu supaya lebih seimbang, agar kehidupan manusia di kemudian hari itu tetap terjaga dengan baik. Artinya sadarlah kita bahwa kita ini hidup di negara maritim. Jadi cara berpikir kita harus laut itu menjadi halaman depan kita. Kalau halaman depan kan selalu dijaga kebersihannya," jelasnya.

Sumber:

BIRO HUBUNGAN MASYARAKAT DAN KERJA SAMA LUAR NEGERI KKP

Logo Logo
Sekretariat Jenderal
BIRO HUBUNGAN MASYARAKAT DAN KERJA SAMA LUAR NEGERI Sekretariat Jenderal – Kementerian Kelautan dan Perikanan Gedung Mina Bahari I Lt 5 Jl. Medan Merdeka Timur No. 16 – Jakarta Pusat Telp. (021) 3519070 EXT. 7433 – Fax. (021) 3864293

Media Sosial

PENGUNJUNG

146535

© Copyright 2024, Kementerian Kelautan dan Perikanan RI