Indonesia   |   English  
Saran Dan Pengaduan

PERPUSTAKAAN
KEMENTERIAN KELAUTAN DAN PERIKANAN
Kilas Berita  
Terlalu mudah, 4 Tips Gancil Merawat Koleksi Buku agar Enggak Jamuran

 

Memiliki koleksi buku dalam jumlah banyak adalah sebuah kebanggaan tersendiri bagi para Pemustaka, apalagi untuk buku-buku antik dan sulit didapatkkan. Hm, punya value kepuasaan saat memiliki buku-buku tersebut. Puluhan bahkan ratusan buku yang berisi ilmu dan pengetahuan juga bisa diwariskan kepada anak dan cucu kamu kelak.

 

Problem nya adalah kita enggak akan bisa mewariskan koleksi buku kita yang berharga itu kalau dirawatnya enggak dengan benar dong. Indonesia yang punya 2 musim ini juga menjadi salah satu kendala, lho. Ya iya, karena jamur akan dengan mudah berkembang biak pada bagian sampul maupun pada bagian dalam buku.

 

Supaya terhindar dari hal tersebut, yuk simak beberapa tips gampang dan anti ribet dalam merawat koleksi buku biar bebas dari jamur.

 

Simpan dan susun dalam rak buku

Pemustaka Bahari bisa menaruh koleksi buku pad arak buku yang terbuka, tentunya dengan harapan lebih mudah saat akan membersihkan debu dan kotoran lainnya. Susun buku dalam keadaan berdiri dan sesuai dengan kategorinya sehingga memudahkan kita dalam mencari buku yang akan dibaca.

 

Tambahkan sampul pada buku

Agar kondisi buku terjaga dengan baik, Pemustaka bisa menambahkan sampul plastik untuk koleksi bukunya. Psstt, jangan terlalu ketat saat memasangkan sampul plastik, yak arena dapat merusak bentuk dari sampul aslinya. Dan jangan terlalu longgar juga supaya debu dan kotoran tidak gampang masuk.

 

Kondisi tangan yang bersih

Sejatinya mencuci tangan bukan karena hanya kondisi pandemi saja ya, tetapi memang perlu mencuci tangan pada saat-saat tertentu, misalnya saja untuk memegang buku. Biasakan mencuci tangan lalu keringkan terlebih dahulu, alasannya jelas tangan kita terlalu banyak memegang benda-benda yang terpapar debu dan bakteri. Nah, bisa saja itu menjadi pemicu terjadinya jamur.

 

Sempilkan cabai kering

Pemustaka Bahari baru mendengar dan membacanya bukan? Cabai merah kering ternyata juga dapat mencegah tumbuhnya jamur pada halaman buku karena berfungsi menyerap bau tidak sedap dari buku yang terlalu lama disimpan dalam rak yang enggak terkena cahaya matahari.

 

Enggak seribet yang kamu bayangkan, kan? Dijamin koleksi buku kamu tetap dalam kondisi yang awet, bagus dan terhindar dari jamur.

Bernavita Fiana   26 Maret 2021   Dilihat : 62



Artikel Terkait: