Indonesia   |   English  
Saran Dan Pengaduan

PERPUSTAKAAN
KEMENTERIAN KELAUTAN DAN PERIKANAN
Kilas Berita  
Tips dan Trik untuk Tetap Fokus

Masa pandemi ini mungkin akan sedikit lebih sulit untuk fokus dan berkonsentrasi, hal ini disebabkan karena waktu yang digunakan lebih banyak untuk bekerja tanpa mengenal waktu. Belum lagi adanya gangguan pada serial drama korea terbaru favorit kamu semua. Menurut beberapa pakar sistem bekerja dari rumah tidak efisien karena waktu yang tidak terbatas membuat konsentrasi berkurang ditambah pola tidur yang berubah juga dapat mempengaruhi.

 

Namun, itu semua bukan hambatan, karena ada banyak hal yang dapat membantu konsentrasi tetap stabil, diantaranya sebagai berikut:

 

Manajemen Waktu

Supaya efisien dalam mengerjakan pekerjaan kantor ataupun tugas kuliah sesuai batas waktu yang dilakukan adalah mengatur manajemen waktu sebaik mungkin, kemudian diikuti dengan membuat daftar kegiatan dan setelah selesai jangan lupa untuk menyilang tugas tersebut. Hal ini dapat membuat kamu fokus dalam mengerjakan tugas tanpa keteteran serta menghasilkan pekerjaan yang maksimal.

 

Mengatur Telepon Genggam ke Mode Diam

Gawai selalu menjadi gangguan terbesar dalam hal apapun. Solusinya Pemustaka Bahari kurangi melihat ponsel dengan cara atur dalam mode diam dan jauhkan dari layar pandanganmu. Dengan begitu kamu tidak sebentar-sebentar mengecek gawai dan jadi lebih fokus.

 

Mengerjakan Tugas di Atas Meja

Sayangnya banyak dari kita yang memilih mengerjakan tugas di atas tempat tidur dan berakhir ketiduran alhasil tugas tidak selesai. Meja menjadi salah satu solusi untuk kamu tetap fokus pada tugas, buat diri kamu senyaman mungkin agar tetap fokus dan tugas juga selesai.

 

Skala Prioritas

Mengatur manajemen waktu adalah kunci untuk menyelesaikan semua tugas, susun skala prioritas kamu, tulis tenggat waktunya dan tugas mana yang kamu harus kerjakan terlebih dahulu.

 

Meluangkan Waktu untuk Meditasi

Menyalakan alunan musik lembut dan luangkan waktu sejenak untuk meditasi. Selain dapat mengurangi stress, kamu tetap bias fokus pada pernapasan dan otak pun akan menjadi lebih rileks. Ini akan membuat kamu lebih mudah untuk mengorganisir pikiran dan membuat kamu lebih fokus lagi.

 

Ditemani Cemilan Sehat

Saat mengerjakan tugas seringkali merasa jenuh. Nah, coba deh selingi dengan menyantap cemilan sehat seperti granola bar, buah, atau kacang-kacangan. Beberapa makanan yang dapat membantu kamu meningkatkan fokus konsentrasi antara lain buah berry, telur, alpukat, dan coklat pahit.

 

Istirahat Sejenak

Istirahat ketika sedang mengerjakan tugas juga penting lho Pemustaka Bahari, karena dapat meningkatkan produktivitas dan membuat pikiran jauh lebih segar. Beristirahat sekitar 15-30 menit dapat kamu gunakan untuk tidur, jalan-jalan, memeriksa telepon genggam atau membasuh air dingin ke wajah kamu.

 

Lalu, bagaimana dengan Pemustaka Bahari, apa saja trik yang kamu lakukan untuk tetap fokus? Coba bagikan ya. 

Dan supaya tetap termotivasi, kamu juga bisa membaca berbagai jenis buku elektronik di Archivelagi secara daring, selain itu kamu juga dapat mengunduhnya.

 

Diolah dari berbagai sumber.

Bernavita Fiana   20 November 2020   Dilihat : 246



Artikel Terkait: