Indonesia   |   English  
Saran Dan Pengaduan

SEKRETARIAT JENDERAL
KEMENTERIAN KELAUTAN DAN PERIKANAN REPUBLIK INDONESIA
Kilas Berita  
KKP Sosialisasikan Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan di Makassar

Biro Hukum dan Organisasi Sekretariat Jenderal Kementerian Kelautan dan Perikanan menyelenggarakan acara Sosialisasi Peraturan Perundang-Undangan di Bidang Kelautan dan Perikanan bertempat di Ruang Rapat Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Makassar, Kamis (18/7/2019).

 

Narasumber pada acara sosialisasi tersebut yaitu dari Kepala Pusat Pengendalian Mutu BKIPM dan Kepala Pusat Karantina Ikan BKIPM yang diwakili oleh Kepala BKIPM Makassar. Peserta sebanyak 80 orang sangat antusias mengikuti kegiatan sosialisasi tersebut.

 

Pada sosialisasi ini disampaikan materi mengenai Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 51/PERMEN-KP/2018 tentang Persyaratan dan Tata Cara Penerbitan Sertifikat Penerapan Program Manajemen Mutu Terpadu/Hazard Analysis and Critical Control Point serta Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 11/PERMEN-KP/2019 tentang Pemasukan Media Pembawa dan/atau Hasil Perikanan.

 

Menurut Kasubbag Perundang-Undangan Bidang Pengawasan dan Karantina Ikan Biro Hukum dan Organisasi KKP, Mohammad Sahlan, dipilihnya dua Peraturan Menteri tersebut dalam sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan informasi dan pemahaman kepada pemerintah daerah dan pemangku kepentingan.

 

Termasuk para pelaku usaha bidang kelautan dan perikanan mengenai urgensi dari kedua Peraturan Menteri tersebut serta untuk mengetahui pelaksanaan dan hambatan yang dihadapi.

 

“Telah dilakukan beberapa penyesuaian regulasi terkait percepatan perijinan usaha kelautan dan perikanan, dimana Peraturan Menteri ini adalah salah satu contohnya” terang Sahlan.

 

Pengendalian importasi penting untuk dijalankan, demi mencegah masuk dan tersebarnya penyakit ikan eksotik apalagi Indonesia telah menerapkan ISRM (Indonesia Single Risk Management) dan INSW (Indonesia National Single Window).

 

Sumber Berita: https://infomakassar.co.id/2019/07/18/hadirkan-pelaku-usaha-kkp-gelar-sosialisasi-aturan-sertifikasi-haccp-dan-importasi/

sekretariat jenderal   18 Juli 2019   Dilihat : 323



Artikel Terkait: