Indonesia   |   English  
Saran Dan Pengaduan

PENGARUSUTAMAAN GENDER (PUG)
KEMENTERIAN KELAUTAN DAN PERIKANAN
Kilas Berita  
Peningkatan Kesejahteraan Nelayan melalui kegiatan Pengembangan Dan Diversifikasi Usaha Wanita Nelayan Di Rembang - Jawa Tengah

 

Rembang  [03052018] – Karakteristik usaha nelayan merupakan salah satu profesi yang dipengaruhi oleh faktor eksternal, ketidakpastian akan musim dan hasil tangkapan menyebabkan pendapatan nelayan tidak menentu sehingga profesi ini sangat rentan. Salah satu upaya peningkatan pendapatan keluarga nelayan antara lain melalui peningkatan keterlibatan peran wanita nelayan (istri/anak nelayan) dalam rangka meningkatkan nilai tambah (kesejahteraan) keluarga nelayan dengan cara peningkatan produktifitas dan Mata Pencaharian Alternatif (MPA) wanita nelayan.

Dukungan peningkatan kesejahteraan nelayan dilakukan oleh Direktorat Jenderal Perikanan Tangkap melalui Direktorat Perizinan dan Kenelayanan, salah satunya dengan melaksanakan kegiatan Diversifikasi dan Pengembangan Usaha Bagi Keluarga Nelayan pada tanggal 3 – 4 Mei 2018 di Kabupaten Rembang, Provinsi Jawa Tengah. Kegiatan Diversifikasi dan Pengembangan Usaha Bagi Keluarga Nelayan ini bertujuan untuk meningkatkan wawasan dan kompetensi keluarga nelayan dalam pengembangan dan diversifikasi usaha sebagai mata pencaharian alternatif (MPA). Output yang diharapkan dari kegiatan ini adalah peserta dapat meningkatkan nilai jual produk hasil industri rumahannya serta menambah penghasilan keluarga. Kegiatan ini dihadiri oleh 100 orang wanita nelayan pelaku industri rumahan. Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Ir. Suparman, MM, menyampaikan pada acara pembukaan kegiatan bahwa melalui kegiatan pembinaan ini diharapkan dapat meningkatkan motivasi dan kesungguhan wanita nelayan dalam pengembangan usaha ekonomi produktif.

Kegiatan ini dihadiri oleh Ibu Bupati Rembang (Ketua Tim Penggerak PKK) Hj. Hasiroh Hafidz, merupakan tindaklanjut Kesepakatan Bersama antara Kementerian Kelautan dan Perikanan dan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPA) Republik Indonesia pada tanggal 16 Juni 2017 tentang Peningkatan Efektifitas Pengarusutamaan Gender di Bidang Kelautan dan Perikanan. KPPA mengusulkan 6 (enam) lokasi yang diantaranya adalah Kabupaten Rembang untuk mensinergikan kegiatan antar kementerian.

Narasumber pada kegiatan ini yakni Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Rembang dan Ibu Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Rembang. Selain meningkatkan wawasan dan motivasi bagi wanita nelayan, diberikan juga praktek produk hasil perikanan (Pengolahan Surimi ikan, Bakso ikan, Nugget ikan, Ekado ikan) dari Tim Penggerak PKK dan para Praktisi (Assosiasi Poklahsar).

Pembinaan dan pemberdayaan usaha nelayan harus terus dilakukan oleh semua pihak dan merupakan tanggung jawab bersama. Dengan telah dilaksanakannya kegiatan diversifikasi dan pengembangan usaha nelayan ini, diharapkan wanita nelayan dapat berperan aktif dalam rangka meningkatkan jiwa kewirausahaan, menciptakan mata pencaharian alternatif bagi Keluarga nelayan yang lebih kreatif, meningkatkan kesejahteraan nelayan kecil, sekaligus meningkatkan konsumsi ikan untuk generasi sehat, kuat dan cerdas  [SubditUN].

                                                                                                                               

Wiwik   04 Mei 2018   Dilihat : 2086



Artikel Terkait: