Indonesia   |   English  
Saran Dan Pengaduan

PUSAT RISET PERIKANAN
BADAN RISET DAN SDM KELAUTAN DAN PERIKANAN
Kilas Berita  
Webinar Prospek Bisnis dan Pengelolaan Sumber daya Teripang berkelanjutan

Jakarta, 15 Desember 2021,Teripang/ketimun laut/sea cucumber merupakan sumber daya perikanan laut yang bernilai ekonomis tinggi, merupakan komoditi lokal/maupun ekspor dengan nilai jual yang relatif tinggi. Selain dimanfaatkan sebagai sumber bahan pangan karena kandungan protein yang tinggi, teripang juga banyak digunakan sebagai bahan baku suplemen makanan, industri farmasi, dan kosmetik karena mengandung asam amino maupun senyawa bioaktif dan collagen. Namun saat ini keberadaan di alam telah mengalami penurunan populasi akibat penangkapan berlebih atau over exploitation.

Guna mendapatkan strategi pengelolaan teripang dari hulu hingga hilir dengan baik, Pusat Riset Perikanan berkolaborasi dengan Balai Riset Pemulihan Sumber Daya Ikan Jatiluhur telah menyelenggarakan Webinar Prospek Bisnis dan Pengelolaan Sumber Daya Teripang Berkelanjutan pada tanggal 15 Desember 2021. Kegiatan tersebut menjadi salah satu rangkaian  kegiatan dalam penyelenggaraan Pekan Webinar Hari Nusantara tahun 2021, yang dibuka secara serentak oleh Menteri Kelautan dan Perikanan, Sakti Wahyu Trenggono.

“Potensi kelautan ini memberikan manfaat, posisi strategis nasional dan pengaruh positif terhadap perkembangan kegiatan ekonomi, sosial dan kekayaan budaya. Pemerintah khususnya Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menyeimbangkan antara aktivitas ekologi dan kegiatan ekonomi untuk kemakmuran seluruh rakyat Indonesia, sekaligus menjaga ekosistem perairan tetap sehat, produktif dan lestari, melalui sustainable blue economy di seluruh wilayah pantai yang kita miliki,” ujar Menteri Trenggono.

 

Pada kesempatan sebelumnya, Plt. Kepala Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan, Dr. Kusdiantoro, menuturkan bahwa melalui kegiatan webinar selama sepekan (14-22 Desember 2021) diharapkan dapat memberikan suatu edukasi, pengetahuan, dan wawasan bagi kita semua terkait dengan besarnya potensi kelautan dan perikanan, besarnya wilayah Indonesia, sehingga dengan acara webinar ini bisa mendorong semangat Hari Nusantara dan harus menjadi penyemangat kita semua dalam membangun sektor kelautan dan perikanan. Dalam pembangunan kelautan dan perikanan tidak boleh melupakan dua hal, yaitu perlunya riset yang inovatif dan SDM yang unggul.

Dalam sambutannya, Kepala Pusat Riset Perikanan, Ibu Yayan Hikmayani, M.Si.  menyampaikan perlunya model pemulihan teripang untuk keberlanjutan sumber daya di alam dan produksi massal melalui budidaya. Hasil webinar diharapkan dapat menghasilkan rumusan untuk rekomendasi kebijakan, baik dari sisi peningkatan kelimpahan di alam dengan model pemulihan sumber daya hingga menjadi bisnis yang prospektif sebagai bahan baku dalam industri farmasi maupun kosmetika, selain juga sebagai sumber bahan pangan untuk konsumsi masyarakat.

 

Webinar Prospek Bisnis dan Pengelolaan Sumber Daya Teripang Berkelanjutan  menghadirkan beragam pakar dari perguruan tinggi, praktisi/pengusaha, dan peneliti yaitu:  Dr. Ir. Bambang Sulardiono, M.Si. (FKIP UNDIP - Desa Teripang menuju Hilirisasi Pemanfaatan sebagai Upaya Peningkatan Kesejahteraan Nelayan di Taman Nasional Karimunjawa); Bp. Yogie Arry (PT Aruna Industri, Bintan - Sharing Best Practice for the Future); Ir. Sari Budi Moria Sembiring (BBRBLPP, KKP - Teknologi Perbenihan Teripang Pasir); Aryani Suhita Dewi, Ph.D. (BBRPPBKP, KKP - Peluang Pemanfaatan Teripang Menuju Hilirisasi Produk; serta Dra. Adriani Sri Nastiti, M.S. (BRPSDI-KKP - Teknologi Pemulihan Sumber Daya Teripang Pasir dan Pengelolaan Berkelanjutan).

Jumlah peserta yang mengikuti webinar sebanyak 285 orang yang berasal dari perguruan tinggi, peneliti, pemerintah daerah, penyuluh perikanan, serta pemerhati komoditas teripang. Webinar ditutup secara resmi oleh Kepala Balai Riset Pemulihan Sumber Daya Ikan, Ir. Iswari Ratna Astuti.

 

Link youtube pelaksanaan kegiatan :

 

Kegiatan webinar terlaksana hasil kolaborasi antara Pusat Riset Perikanan dengan Balai Riset Pemulihan Sumber Daya Ikan, Jatiluhur

 

Admin Pusat Riset Perikanan   16 Desember 2021   Dilihat : 391



Artikel Terkait: