Indonesia   |   English  
Saran Dan Pengaduan

INSPEKTORAT JENDERAL
Kilas Berita  
Workshop Penilaian Mandiri Maturitas SPIP Terintegrasi Tahun 2023

Dalam rangka mendukung pelaksanaan fungsi penjaminan mutu (quality assurance) Inspektorat Jenderal KKP untuk penilaian mandiri SPIP, telah digelar Workshop Penilaian Mandiri SPIP Terintegrasi yang diselenggarakan pada Senin, 22 Mei 2023 di Hotel Santikan Premier, Jakarta. Sesuai dengan Peraturan BPKP Nomor 5 Tahun 2021 tentang Penilaian Maturitas Penyelenggaraan SPIP Terintegrasi pada Kementrian/Lembaga/Pemerintah Daerah, penilaian atas maturitas penyelenggaraan SPIP adalah penilaian atas tingkat kematangan SPIP dalam mencapai tujuan pengendalian, yang meliputi efektivitas dan efisiensi pencapaian tujuan organisasi, keandalan pelaporan keuangan, pengamanan aset negara, dan ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan.

Dimulai dengan penyampaian sambutan sekaligus pembukaan secara resmi oleh Plt. Inspektur Jenderal, Teuku Nilwan, acara tersebut diisi juga dengan penyampaian materi mengenai Pengantar Penilaian Maturitas SPIP Terintegrasi Tahun 2023 oleh Direktur Pengawasan Bidang Pangan, Energi dan Sumber Daya Alam (PESDA) BPKP. Pada kesempatan tersebut juga disampaikan Tata cara Penilaian Maturitas SPIP Terintegrasi Tahun 2023 oleh tim BPKP.

Tujuan kegiatan ini adalah terpenuhinya dokumen Penilaian Mandiri SPIP lingkup KKP yang sudah terinput dalam aplikasi e-SPIP milik BPKP, serta adanya kesepakatan/kesepahaman terhadap dokumen tersebut dan poin-poin yang menjadi Area of Improvement (AoI). Melalui penyelenggaraan SPIP di Kementerian Kelautan dan Perikanan, diharapkan dapat memberikan keyakinan yang memadai bagi tercapainya efektivitas dan efisiensi pencapaian tujuan Kementerian Kelautan dan Perikanan, keandalan pelaporan keuangan, pengamanan aset negara, dan ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan.

itjen   24 Mei 2023   Dilihat : 361



Artikel Terkait: