Indonesia   |   English  
Saran Dan Pengaduan

INSPEKTORAT JENDERAL
Kilas Berita  
Itjen selenggarakan Pelatihan Reviu LK

Inspektorat Jenderal KKP sebagai APIP dituntut memiliki kualitas kompetensi SDM yang mumpuni. Dilatarbelakangi hal tersebut maka diselenggarakan pelatian reviu laporan keuangan guna meningkatkan kualitas kompetensi SDM Itjen terutama untuk Auditor yang berasal dari Pendidikan non akuntansi atau non ekonomi. Pelatihan diikuti 24 peserta auditor dan calon auditor, dengan narasumber dari Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklatwas) BPKP.

Guna mendorong peningkatan kualitas laporan keuangan dandalam rangka terus mempertahankan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas LK KKP yang diraih, maka perlu dilakukan reviu laporan keuangan yang memadai dan sesuai dengan standar akuntani pemerintah. Kriteria opini WTP atas laporan keuangan dapat dilihat dari kesesuaian dengan Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP), Efektivitas Sistem Pengendalian Intern (SPI), Kepatuhan terhadap perundang-undangan, serta kecukupan pengungkapan informasi. Adapun hal-hal yang perlu dihindari antara lain:

  1. Pada SAP: kesalahan akun, pengakuan, pengukuran dan penyajian;
  2. Pada SPI: PNBP tidak sesuai ketentuan, persediaan tidak wajar, piutang tidak wajar;
  3. Pada Kepatuhan terhadap UU: Kecurangan (Fraud), Kontrak dilaksanakan tidak sesuai ketentuan, keterlambatan pekerjaan, dll;
  4. Pada Kecukupan pengungkapan informasi: kurangnya pengungkapan/ful disclosure di CaLK, dll.

Berkaitan dengan upaya-upaya Itjen KKP sebagai pengawas intern untuk meningkatkan kualitas laporan keuangan tersebut, Itjen telah melakukan Reviu yang dilakukan Itjen ntuk peningkatan kualitas LK KKP yaitu reviu atas laporan keungan KKP, reviu atas revaluasi BMN, reviu atas RK BMN KKP dan reviu atas PIPK KKP. Reviu yang dilakukan tim Itjen dari tingkat satker sampai dengan KKP. Selanjutnya diharapkan bahwa seluruh temuan Itjen langsung ditindaklanjuti pada saat reviu atau tidak lama setelah reviu berakhir sehingga diharapkan perbaikan yang diinginkan tersebut dapat segera tercapai.

Sebagai penutup pelatihan, Sekretaris Inspektorat Jenderal KKP memberikan penghargaan kepada 3 Auditor terbaik yang telah mengikuti kegiatan pelatihan tersebut.

 

#ItjenKuatKKPHebat #KKPAccelerate

itjen   27 Juni 2022   Dilihat : 303



Artikel Terkait: