Indonesia   |   English  
Saran Dan Pengaduan

INSPEKTORAT JENDERAL
Kilas Berita  
Perumusan Konsep Hasil Pemeriksaan atas LK 2021

Jumat (20 Mei 2022), bertempat di Ruang Rapat Itjen Lantai III Gedung Mina Bahari III, Tim dari BPK-RI yang terdiri atas Pengendali Teknis, Ketua Tim, Ketua Subtim, dan para auditor Pemeriksa menghadiri rapat pembahasan Konsep Hasil Pemeriksaan (KHP). Kegiatan tersebut diikuti oleh para Koordinator/SubKoordinator Kelompok  Keuangan dan Umum perwakilan dari seluruh eselon I lingkup KKP, para Inspektur dan/atau Auditor Utama dari Inspektorat I, II, III, IV dan V, dan seluruh Kelompok Pemantauan Hasil Pengawasan.

 

Dalam sambutan pembukaan, Sekretaris Itjen KKP menyampaikan bahwa tujuan kegiatan ini untuk mendapatkan informasi dan penjelasan terkait konsep rekomendasi yang akan difinalkan oleh BPK-RI atas Laporan Keuangan KKP Tahun 2021 sekaligus untuk menyusun rencana aksi atas tindak lanjut terhadap rekomendasi tersebut.

Dalam rapat tersebut, Pengendali Teknis Tim Pemeriksa BPK-RI, Bapak Ferdinan Palembangan menjelaskan bahwa tanggapan terhadap KHP disampaikan dalam bentuk matriks rencana aksi harus diterima sebelum LHP diterbitkan. Sebagaimana informasi, tahapan penyusunan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) BPK RI atas Laporan Keuangan KKP Tahun 2021 dimulai dari pemeriksaan interim, pemeriksaan terinci, penyampaian konsep Temuan Pemeriksaan (TP), penyampaian tanggapan dari KKP terhadap konsep TP, dan penyampaian KHP, sebelum akhirnya disusun dalam bentuk LHP yang berisikan aatribut temuan secara lengkap: kondisi, kriteria, penyebab, akibat, dan rekomendasi serta rencana aksi pelaksanaan tindak lanjut. Pada LHP tersebut juga akan berisikan opini atas LK KKP Tahun 2021. Pada kesempatan tersebut juga disampaikan bahwa konsep rekomendasi yang disampaikan biasanya telah final, jikapun ada perubahan dalam LHP tidak terlalu signifikan berupa perbaikan redaksional.

Sesuai ketentuan dalam Peraturan BPK-RI Nomor 2 Tahun 2017, bahwa pelaksanaan tindak lanjut harus disampaikan dalam waktu 60 hari sejak diterimanya LHP. Untuk itu diharapkan segera disusun konsep surat-surat instruksi Menteri Kelautan dan Perikanan (Inmen) untuk menindaklanjuti keseluruhan rekomendasi, dan masing-masing eselon I agar menyiapkan konsep surat-surat instruksi turunan dari Inmen tersebut beserta dokumen/bukti pendukung sesuai substansi rekomendasi. Terkait hal ini, diharapkan paling lambat telah disiapkan Inmen tersebut oleh Sekretariat Jenderal pada 15 Juni 2022.

 

 

itjen   23 Mei 2022   Dilihat : 584



Artikel Terkait: