Indonesia   |   English  
Saran Dan Pengaduan

INSPEKTORAT JENDERAL
Kilas Berita  
Ujicoba aplikasi SIMWAS untuk Mendorong Pengawasan yang Lebih akurat, cepat, dan berkualitas

Dalam rangka Uji Coba dan Penyelesaian Permasalahan Aplikasi Sistem Informasi manajemen Pengawasan Intern (SIMWAS) Inspektorat Jenderal KKP sesuai dengan Keputusan Inspektur Jenderal Nomor 318 Tahun 2021 tentang Pedoman Teknis Tata Kelola Pengawasan Intern lingkup Inspektorat Jenderal Kementerian Kelautan dan Perikanan maka pada tanggal 26-27 April 2022 telah dilakukan praktek terbatas tim ujicoba tersebut. Acara tersebut dilaksanakan di Ruang Rapat (aula) Balai Riset Perikanan Budidaya Air Tawar dan Penyuluhan Perikanan Bogor. Hadir dalam acara tersebut melakukan sambutan dan pembukaan oleh Inspektur Jenderal yang didampingi Sekretaris Itjen. Sebagai narasumber adalah Pengembang APlikasi (web developer) Saudara Doni Wiryadinata, Auditor Muda pada Inspektorat IV. Adapun peserta diikuti oleh perwakilan Auditor  Pengendali Mutu, Pengendali Teknis, Ketua Tim, Anggota Tim, Pejabat Struktural lingkup Itjen, Perwakilan Pusdatin dan perwakilan staf lingkup Itjen.

Dalam pembukaanya, Irjen KKP menyampaikan dengan adanya aplikasi SIMWAS diharapkan pemenuhan kendali mutu dapat dilaksanakan secara otomatis, akurat, dan berimbang. Serta diharapkan aplikasi SIMWAS mempunyai tingkat keamanan yang tinggi agar tidak mudah di retas oleh pihak manapun.

Kegiatan dilanjutkan dengan narasumber Saudara Doni Wiryadinata, menjelaskan SIMWAS pada dasarnya adalah pembaharuan atas aplikasi AMS dimana aplikasi tersebut pada implementasinya masih ditemukan banyak kendala. Sehingga tujuan keberadaan dari aplikasi SIMWAS untuk meningkatkan produktivitas dan kualitas produk hasil pengawasan intern di lingkungan KKP secara sistematis. Adapun sebagai pengantar ditampilkan jenis tampilan SIMWAS yang baru.

Selanjutnya dilakukan pengenalan pada dashboard Ruang Kerja Online (RKO) dan Ruang Kerja Online. Pada halaman dashboard ruang kerja online  dapat dihubungkan oleh google docs, google sheets dan google slide. Pada Halaman Dashboard ketua tim dan anggota dapat saling terhubung untuk dapat berkerja sama secara online. Ketua tim dapat membagikan ID Token kepada seluruh anggota untuk masuk kedalam halaman ruang kerja online yang sama. Penggunaan google docs, google sheets dan google slide dalam proses bisnis SIMWAS membutuhkan ruang penyimpanan, sedangkan fasilitas gratis dari google hanya menyediakan ruang penyimpanan sebesar 15GB. Pada saat pengujian terdapat saran untuk menggunakan media penyimpanan berbasis cloud yang disediakan oleh Pusdatin yang mempunyai penyimpanan sebesar 500GB.

Disisi lain, dalam rangka penerbitan surat tugas serta laporan hasil pengawasan dengan tanda tangan elekttronik, maka perlu adanya koneksivitas antara aplikasi SIMWAS ke aplikasi e-Layar maupun secara langsung ke server yang terkoneksi ke Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) sebagai bentuk pengamanan atas insiden atau serangan siber. Penomoran pada surat tugas yang ada di aplikasi SIMWAS diharapkan sesuai dengan pembukuan yang ada pada aplikasi E-layar, sehingga pelacakan kembali dan pengarsipan dapat tertib.

Aplikasi Simwas ini diharapkan dapat segera di-launching pada pertengahan Mei 2022 mendatang, sehingga mulai 1 Juni 2022 pelaksanaan pengawasan intern dapat menggunakan aplikasi Simwas tersebut.

 

 

Itjen Kuat, KKP Hebat...!

 

#DiRumahAja
#socialdistancing
#physicaldistancing
#stayhome
#BersamaKitaLawanCovid19 #SayangiDiridanKeluargaAnda

 

 

itjen   28 April 2022   Dilihat : 530



Artikel Terkait: