Indonesia   |   English  
Saran Dan Pengaduan

INSPEKTORAT JENDERAL
Kilas Berita  
Rapat Persiapan Itjen, Menyambut Tim BPK RI untuk Pemeriksaan Rinci LK KKP Tahun 2020

Dalam rangka persiapan pendampingan Tim BPK-RI untuk pemeriksaan rinci atas LK KKP tahun 2020, Itjen KKP melaksanakan rapat persiapan kegiatan pendampingan. Rapat yang dilaksanakan hari Jumat tanggal 15 Januari 2021 tersebut, bertempat di ruang rapat Inspektorat Jenderal lantai 3, Gedung Mina Bahari 3, serta diikuti melalui daring bagi pegawai yang sedang melaksanakan work from home (WFH). Kegiatan rapat tersebut dipimpin langsung oleh Inspektur Jenderal dan dihadiri Sekretaris Jenderal, Plt. Inspektur I, Plt. Inspektur II, Inspektur III, Inspektur IV, dan Inspektur V. Hadir juga Auditor, Koordinator, Sub Koordinator dan staf lingkup Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Pada rapat tersebut, Sekretaris Itjen menyampaikan susunan tim pemeriksaan interim LK KKP tahun 2020 berikut jadwal dan metode pemeriksaan. Pelaksanaan pemeriksaan BPK RI dilaksanakan dari tanggal 18 Januari 2021 sampai dengan tanggal 31 Mei 2021. Pemeriksaan tersebut dilaksanakan di 9 provinsi yang menjadi wilayah sampling, yakni Provinsi Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sulawesi Selatan, Bali, Maluku, Papua, dan Kepulauan Riau.

Berdasarkan hasil rapat telah disepakati bahwa sehubungan dengan pemeriksaan BPK tersebut, Itjen KKP akan melaksanakan pendampingan di wilayah sampling yaitu Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kepulauan Riau dan Bali terkait kegiatan ICRG yang anggarannya besar. Sebagai informasi, Pemeriksaan Terinci oleh BPK-RI ini nantinya berbasis akun-akun, artinya yang diperiksa nanti adalah kewajaran penyajian akun-akun neraca pada Laporan Keuangan. Hal ini agak berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, dimana pemeriksaan meskipun berdasarkan penyajian kewajaran Laporan Keuangan, namun dalam pelaksanaan pembagian Tim Pemeriksa berdasarkan unit eselon I lingkup KKP, sedangkan tahun ini pembagian Tim Pemeriksa dilaksanakan berdasarkan atas akun-akun dalam neraca. Guna mengantisipasi hal tersebut, maka Tim Pendampingan yang akan turun pun juga mereviu penyajian akun-akun dalam Laporan Keuangan. 

Untuk Provinsi Maluku, Sulawesi Selatan, dan Papua, pelaksanaan reviu/pengujian oleh Tim Pendamping melalui pemeriksaan jarak jauh atau secara online. Sesuai jadwal yang telah ditetapkan oleh tim BPK RI untuk On The Spot (uji petik lapangan) dilaksanakan pada Minggu ke-3 dan 4 bulan Februari dan Minggu ke-1 dan 2 bulan Maret 2021. Selanjutnya Tim Itjen akan turun lebih awal dengan pembagian personil secara gabungan dari Inspektorat I s.d V, dengan pembagian penanggung jawab sebagai berikut: 

  1. Provinsi Banten yaitu Inspektorat III dan Inspektorat II
  2. Provinsi Jawa Barat yaitu Inspektorat III
  3. Provinsi Jawa Tengah yaitu Inspektorat V
  4. Provinsi Jawa Timur yaitu Inspektorat IV
  5. Provinsi Sulawesi Selatan yaitu Inspektorat I
  6. Provinsi Bali yaitu Inspektorat III
  7. Provinsi Maluku yaitu Inspektorat IV
  8. Provinsi Papua yaitu Inspektorat II
  9. Provinsi Kepulauan Riau yaitu Inspektorat II didampingi oleh Inspektorat V

Dokumen-dokumen yang akan direviu oleh tim Itjen diutamakan yang akan diperiksa oleh tim BPK RI, antara lain dokumen pertanggungajawaban program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) dan kegiatan-kegiatan yang bernilai besar. Dalam pelaksaan uji petik pendampingan ke lapangan, Itjen KKP akan berkoordinasi dan melibatkan tim pendamping di masing-masing eselon I yang ditunjuk. Selanjutnya, sesuai rapat entry meeting pemeriksaan LK KKP tahun 2020 oleh BPK RI disebutkan bahwa salah satu faktor penentu opini Laporan Keuangan KKP adalah capaian presentase tindak lanjut temuan BPK RI. Untuk itu Inspektorat I s.d V agar terus mendorong peningkatan capaian penyelesaian tindak lanjut sesuai target yang diharapkan.

 

 

Itjen Kuat, KKP Hebaat. . . !

 

 

#DiRumahAja
#socialdistancing
#physicaldistancing
#stayhome
#BersamaKitaLawanCovid19 #SayangiDiridanKeluargaAnda

itjen   18 Januari 2021   Dilihat : 604



Artikel Terkait: