Indonesia   |   English  
Saran Dan Pengaduan

PELABUHAN PERIKANAN NUSANTARA SUNGAILIAT
DIREKTORAT JENDERAL PERIKANAN TANGKAP
Kilas Berita  
PPN Sungailiat menerima Kunjungan Peserta Sekolah Lapangan Iklim Nelayan (SLN) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Tahun 2019

Sungailiat (11/04/2019) - Dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang cuaca dan iklim bagi para nelayan, penyuluh perikanan, dan dinas pengelolaan sektor perikanan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Kelas I Depati Amir - Pangkalpinang.menyelenggarakan Sekolah Lapang Nelayan (SLN) .

 

Pada hari ini Kamis (11/04/2019) Peserta Kegiatan SLN dijadwalkan melakukan Field Trip ke Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Sungailiat yang diikuti oleh 25 peserta yang merupakan perwakIlan dari Dinas Pangan dan Pertanian Kota Pangkalpinang, Dinas Perikanan Kabupaten Bangka; Dinas Perikanan Kabupaten Bangka Tengah; Dinas Pertanian, Pangan Perikanan Kabupaten Bangka Selatan; Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kep. Bangka Belitung; Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Pangkalbalam; Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Sungailiat; Fakultas Petanian, Perikanan dan Biologi Universitas Bangka Belitung; SMK Negeri 4 Pangkalpinang; SMK Negeri 1 Tukak Sadai.

 

Dalam kesempatan tersebut, Ibu Purwanti, A.Pi., M.Pi selaku Kepala Seksi Operasional Pelabuhan dan Ibu Lusia Anna M. Saragih, S.Ik., M.Si Selaku Kepala Seksi Tata Kelola dan Pelayanan Usaha secara resmi menerima rombongan Peserta Kegiatan SLN yang dilanjutkan dengan penjelasan tentang profil dan aktivitas PPN Sungailiat di ruang rapat lantai 2.

 

Setelah menerima pemaparan, rombongan Peserta Kegiatan SLN melanjutkan kunjungan lapangan ke Kantor Pelayanan Terpadu PPN Sungailiat. Di kantor tersebut pihak BMKG menjelaskan bagaimana sistem kerja Display Informasi Prakiraan Cuaca dan cara membaca keterangan/prakiraan cuaca yang ditayang pada Display.

 

Salah satu staf BMKG stasiun Meteorologi Kelas I Depati Amir - Pangkalpinang menjelaskan bahwa alat ini bertujuan untuk memberikan transformasi data dan informasi prakiraan cuaca/iklim (khususnya daerah maritim), berupa media digital sebagai layanan kepada para nelayan.

 

Disamping itu juga dijelaskan weather informatin dispaly/display informasi prakiraan cuaca diharapkan menjadi media digital videotron dan aplikasi informasi awal prakiraan cuaca/iklim bagi para nelayan. Apalagi menurutnya, saat ini kondisi cuaca terbilang ekstrem. Sehingga alat tersebut, dapat bermanfaat bagi para nelayan sebelum memulai aktivitas di lautan.

 

"Dengan begitu, nelayan ketika memulai bekerja, dia sudah dibekali dengan informasi tentang keselamatan maupun informasi cuaca," terangnya.

 

Diterangkan juga weather information display ke depannya juga akan menjadi sebuah media edukasi bagi masyarakat sekitar. Bahkan nantinya, WID akan dilengkapi dengan berbagai informasi lain. Seperti informasi tentang gempa, kondisi satelit dan event-event lain Pemkot Surabaya. "Kami berharap tidak ada kecelakaan di laut yang menimpa kita.

 

 

PPN Sungailiat   11 April 2019   Dilihat : 971



Artikel Terkait: