Indonesia   |   English  
Saran Dan Pengaduan

PELABUHAN PERIKANAN NUSANTARA KWANDANG
DIREKTORAT JENDERAL PERIKANAN TANGKAP
Kilas Berita  
Pemanfaatan Cold Storage

Cold storage merupakan sebuah ruangan yang dirancang khusus dengan kondisi suhu tertentu yang mempunyai fungsi utama untuk mempertahankan mutu ikan hasil tangkapan nelayan dengan cara : membekukan ikan hasil tangkapan nelayan, menyimpan ikan yang telah dibekukan.  Keseluruhan tahapan kegiatan tersebut dilakukan dalam serangkaian proses higienis.

Ruang pendingin yang dimiliki terdiri dari : Air Blast Freezer (Ruang Pembeku Cepat) yaitu sebuah ruangan dengan suhu yang dapat dikendalikan sehingga mencapai -35°C - -40°C dengan kecepatan udara  minimal 3m/detik. Sehingga produk dapat di bekukan dengan suhu internal -18°C dalam waktu 8 jam, kapasitas ABF yang dimiliki 12 ton. Cold Storage Freezer (Gudang Beku)yaitu sebuah gudang penyimpanan produk beku dengan suhu dapat mencapai -18°C - 25°C.Produk yang akan disimpan dalam gudang beku harus dalam keadaan beku dengan suhu maksimal -18°C dengan kapasitas 100 ton. 

Pemanfaatan fasilitas cold storage mengalami peningkatan dari bulan-bulan sebelumnya, dari kisaran 10.000 – 15.000 kg per bulan hingga saat ini mencapai 27.851,67 kg. Hal ini dikarenakan hasil tangkapan nelayan PPN Kwandang khususnya kapal Hand line jenis ikan Cakalang langsung di proses di cold storage. Jenis produk yang ada saat ini yaitu gurita, cakalang dan kuwe. 

Tahapan kegiatan terdiri dari : penerimaan bahan baku, penimbangan bahan baku, perendaman, Grading dan sortir, penimbangan setelah kegiatan proses, penataan ikan dalam pan/tray,pembekuan ikan di ABF, packing ikan beku, dan penyimpanan ikan beku di coldstorage.  Jenis ikan yang di bekukan berdasarkan jenis jenis bahan baku yang dimasukkan oleh pengguna jasa. Adapun tarif PNBP yang dikenakan dihitung berdasarkan jumlah produk dan lama penyimpanan.

A.Sandra PPN Kwandang   19 Januari 2021   Dilihat : 5597



Artikel Terkait: