Indonesia   |   English  
Saran Dan Pengaduan

PELABUHAN PERIKANAN NUSANTARA KEJAWANAN
DIREKTORAT JENDERAL PERIKANAN TANGKAP
Kilas Berita  
Sosialisasi dan Gerai Kepesertaan Nelayan pada Asuransi dan Jaminan Hari Tua Nelayan Tahun 2022 di Kota Cirebon

(01/07) Dalam rangka pelaksanaan amanat Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2016 tentang Perlindungan dan Pemberdayaan Nelayan, Pembudidaya Ikan dan Petambak Garam khususnya kegiatan perlindungan nelayan melalui asuransi nelayan mandiri dan jaminan hari tua, Direktorat Perizinan dan Kenelayanan, Direktorat Jenderal Perikanan Tangkap selenggarakan kegiatan Sosialisasi dan Gerai Kepesertaan pada Asuransi dan Jaminan Hari Tua bagi Nelayan di TPI Cangkol Kota Cirebon, Provinsi Jawa Barat pada tanggal 1-2 Juli 2022.

 

Hadir dalam acara ini Wakil Walikota Cirebon, Ibu Dra. H. Eti Herawati, Kepala PPN Kejawanan Bapak Sarwono, A.Pi, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan diwakili oleh Kepala Bidang Perikanan Tangkap Bpk. Yudi Lukman Hakim, S.Pt.

 

Acara dibuka dengan sambutan yang disampaikan oleh Plt. Direktur Perizinan dan Kenelayanan diwakili oleh Koordinator Kelompok Kelembagaan dan Perlindungan Nelayan, Bpk. Lili Widodo, S.Hut, M.Si. Dalam sambutannya disebutkan bahwa Kementerian Kelautan dan Perikanan melalui Direktorat Jenderal Perikanan Tangkap  telah melaksanakan program perlindungan asuransi nelayan sejak tahun 2016 melalui kegiatan BPAN yang pembiayaannya dibebankan melalui APBN Pusat. Adapun capaian kegiatan Bantuan Premi Asuransi Nelayan (BPAN) sejak tahun 2016-2019 adalah sebanyak 1.198.177 nelayan dengan nilai Manfaat Pertanggungan yang telah direalisasikan mencapai 406 milyar lebih. Namun mengingat keterbatasan alokasi anggaran untuk pembiayaan kegiatan BPAN, sementara Masa Pertanggungan kegiatan BPAN hanya berlaku 1 tahun serta memperhatikan potensi nelayan kecil di Indonesia yang masih sangat banyak, maka Ditjen Perikanan Tangkap berinisiasi melaksanakan kegiatan fasilitasi asuransi nelayan mandiri sekaligus jaminan hari tua nelayan.

 

Diungkapkan lebih lanjut, bahwa kegiatan dilaksanakan dengan tujuan antara lain:

  1. Memberikan sosialisasi tentang pentingnya jaminan perlindungan asuransi nelayan, dimana kita ketahui bersama bahwa nelayan merupakan profesi yang rentan terhadap resiko kecelakaan;
  2. Menumbuhkan kesadaran nelayan untuk dapat berasuransi secara mandiri;
  3. Fasilitasi/menjembatani Mitra Asuransi untuk dapat menyampaikan informasi terkait produk asuransi nelayan yang dimiliki kepada nelayan;
  4. Fasilitasi pelaksanaan gerai pendaftaran kepesertaan pada asuransi nelayan.

 

Kegiatan ini merupakan bentuk sinergi antara KKP yang dalam hal ini Ditjen Perikanan Tangkap, Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi/Kabupaten, stakeholder terkait khususnya para Mitra Asuransi yang telah menjalin kerjasama dengan KKP untuk bersama-sama mendukung program perlindungan asuransi nelayan yakni dari BPJS Ketenagakerjaan, PT. Jasindo, BRI Life serta DPLK Bank BRI, para Penyuluh Perikanan serta nelayan.

 

Pada tahun 2022, Direktorat Jenderal Perikanan Tangkap berencana akan melaksanakan kegiatan sosialisasi dan gerai kepesertaan pada asuransi dan jaminan hari tua nelayan di 15 (lima belas) lokasi, dan Kota Cirebon menjadi lokasi ketiga, setelah sebelumnya, kegiatan yang sama telah dilaksanakan di Kab. Lombok Tengah dan Kab. Wakatobi.Lokasi yang dipilih sebagai lokasi pelaksanaan kegiatan ini didasarkan pada beberapa hal, diantaranya potensi jumlah nelayan yang relatif tinggi namun kepesertaan asuransi nelayan belum rendah sehingga jaminan perlindungan bagi nelayan belum optimal. Yang kedua adalah lokasi yang beririsan dengan lokasi kegiatan prioritas yakni lokasi KALAJU. Terakhir adanya permintaan Dinas setempat. Melalui kegiatan ini, diharapkan bahwa informasi terkait program asuransi nelayan mandiri dan jaminan hari tua nelayan dapat diterima oleh nelayan di seluruh Indonesia sekaligus dapat memudahkan nelayan untuk melakukan pendaftaran kepesertaan.

 

Bapak Lili Widodo berharap nelayan yang hadir dapat memanfaatkan kesempatan yang baik ini untuk menggali informasi sedalam-dalamnya terkait produk asuransi nelayan yang dimiliki oleh masing-masing Mitra dan jika sudah yakin dapat melakukan pendaftaran kepesertaan asuransi, tentunya disesuaikan dengan kebutuhan jaminan perlindungan serta ketersediaan dana dari masing-masing nelayan.

 

Secara resmi acara Sosialisasi dan Gerai Kepesertaan pada Asuransi dan Jaminan Hari Tua bagi Nelayan dibuka oleh Wakil Walikota Cirebon Ibu Dra. H. Eti Herawati.

 

 

 

PPN Kejawanan   01 Juli 2022   Dilihat : 123



Artikel Terkait: