Indonesia   |   English  
Saran Dan Pengaduan

PELABUHAN PERIKANAN NUSANTARA KEJAWANAN
DIREKTORAT JENDERAL PERIKANAN TANGKAP
Kilas Berita  
Sosialisasi Persiapan Sertifikasi ISO 14001:2015

ISO 14001 adalah standar yang disepakati secara internasional untuk persyaratan sistem manajemen lingkungan. Standar Ini membantu organisasi meningkatkan kinerja lingkungan mereka melalui penggunaan sumber daya dan pengurangan limbah yang lebih efisien, memperoleh keunggulan kompetitif dan kepercayaan dari para pemangku kepentingan termasuk pelanggan.

Sistem manajemen lingkungan membantu organisasi mengidentifikasi, mengelola, memantau dan mengendalikan masalah lingkungan mereka secara menyeluruh. Ini berarti bahwa ISO 14001 dapat diintegrasikan dengan mudah ke dalam sistem manajemen ISO yang ada. ISO 14001 cocok untuk semua jenis organisasi, baik itu perusahaan perseorangan, perusahaan non profit ataupun pemerintahan. Hal ini membutuhkan bahwa organisasi menganggap semua masalah lingkungan yang berhubungan dengan operasinya, seperti polusi udara, masalah air dan limbah, pengelolaan limbah, pencemaran tanah, mitigasi dan adaptasi perubahan iklim, dan penggunaan sumber daya dan efisiensi.

Seperti semua standar sistem manajemen ISO, ISO 14001 mencakup kebutuhan untuk perbaikan berkesinambungan dari sistem organisasi dan pendekatan untuk masalah lingkungan. Standar-baru ini telah diperbaharui, dengan perbaikan utama seperti peningkatan manajemen lingkungan dalam proses perencanaan strategis organisasi, masukan lebih besar dari kepemimpinan dan komitmen kuat untuk inisiatif proaktif yang meningkatkan kinerja lingkungan.

Ada banyak alasan mengapa suatu organisasi harus mengambil pendekatan strategis untuk meningkatkan kinerja lingkungannya. Perusahaan yang telah menggunakan standar ini telah melaporkan bahwa ISO 14001 bermanfaat

Manfaat Penerapan ISO 14001:2015 :

  • Menunjukkan kepatuhan dengan persyaratan hukum dan peraturan saat ini dan masa depan
  • Meningkatkan keterlibatan top manajemen dan keterlibatan karyawan
  • Meningkatkan reputasi perusahaan dan kepercayaan pemangku kepentingan melalui komunikasi strategis
  • Mencapai tujuan bisnis strategis dengan memasukkan isu-isu lingkungan ke dalam manajemen bisnis
  • Memberikan keunggulan kompetitif dan keuangan melalui peningkatan efisiensi dan pengurangan biaya
  • Mendorong kinerja lingkungan yang lebih baik dari pemasok dengan mengikutsertakan mereka ke dalam sistem bisnis organisasi.

 

Sosialisasi dilakukan di gedung Pertemuan PPN Kejawanan, dari setiap seksi memberikan perwakilan untuk mengikuti kegiatan ini

  

 

Kemudian dilakukan survei langsung ke lapangan yakni dari lahan, IPAL dan juga dermaga

 

  

PPN Kejawanan   17 Juni 2020   Dilihat : 880



Artikel Terkait: