Indonesia   |   English  
Saran Dan Pengaduan

PELABUHAN PERIKANAN NUSANTARA KEJAWANAN
DIREKTORAT JENDERAL PERIKANAN TANGKAP
Kilas Berita  
Berbagi Nasi ikan Jilid 2

Kegiatan persiapan masak staf PPN Kejawanan untuk berbagi nasi ikan di wilayah PPN Kejawanan dan juga Kota Cirebon

sebanyak 100 bungkus nasi ikan yang diharapkan dapat meringankan dan membantu teman-teman yang membutuhkan dan lapar karena pandemi Covid - 19 

 

dengan nasi ikan yang sehat semoga dapat menambah daya tahan tubuh dan dapat terhindar dari Covid - 19, Ikan mengandung banyak protein vitamin dan juga omega 3,6,9 ada juga kalsium lemak dll.

Protein
Makanan laut merupakan sumber protein berkualitas tinggi karena umumnya rendah lemak jahat, serta mengandung asam amino yang mudah diserap dan dicerna oleh tubuh. Kandungan protein dalam makanan laut berguna untuk pertumbuhan pada anak-anak, remaja, bahkan orang dewasa. Selain mengenyangkan, protein dalam makanan laut juga baik untuk kesehatan otot, dan menurunkan risiko penyakit kardiovaskular.

Asam lemak omega-3
Selain protein dan asam amino, seperti taurine yang bersifat antiradang dan penurun kolesterol, makanan laut juga mempunyai kandungan asam lemak omega-3, yang terdiri dari DHA dan EPA. Asam lemak omega-3 merupakan lemak esensial yang banyak terdapat pada ikan yang dagingnya berwarna merah, seperti tuna, salmon, kembung, tongkol, tenggiri, bawal, cakalang, makarel, dan sarden. Selain ikan, makanan laut lainnya yang mengandung asam omega-3 adalah tiram, udang, dan lobster.

Ada tiga jenis omega-3 yaitu alpha linolenic acid (ALA), EPA, dan DHA. EPA dan DHA adalah bentuk omega-3 yang banyak ditemui pada makanan laut, sedangkan ALA banyak ditemui pada tanaman, seperti flaxseed. Sejumlah penelitian mengungkapkan bahwa omega-3 memiliki banyak manfaat untuk berbagai macam penyakit, antara lain kanker, asma, depresi, penyakit jantung, ADHD, dan rheumatoid arthritis.EPA bersifat antiradang, sedangkan DHA memainkan peran penting dalam kesehatan otak dan perkembangan otak anak. DHA banyak digunakan untuk perawatan demensia, penyakit jantung koroner, dan ADHD. DHA juga bermanfaat untuk memperbaiki penglihatan, mencegah depresi, mencegah penyakit mata yang terkait faktor usia, misalnya degenerasi makula.

Vitamin
Makanan laut juga mengandung sejumlah vitamin, seperti vitamin A, D, E dan B12. Contoh makanan laut yang mengandung vitamin A adalah tongkol, salmon, dan tuna. Contoh makanan laut yang mengandung vitamin D adalah salmon, tuna, sarden, tiram, dan udang. Makanan laut yang mengandung vitamin E antara lain gurita, salmon, abalone, dan lobster. Sedangkan makanan laut yang mengandung vitamin B12 antara lain ikan tongkol, tuna, sarden, tiram, dan kepiting.

Mineral
Ikan dan makanan laut lainnya, termasuk kerang dan udang, juga banyak mengandung mineral seperti yodium, selenium, kalsium, kalium, dan zat besi. Kandungan mineral dalam makanan laut sangat baik untuk kesehatan, misalnya zat besi yang berguna mencegah anemia, dan iodium untuk mencegah penyakit gondok. Contoh makanan laut yang mengandung mineral tinggi antara lain salmon, sarden, tuna, dan tongkol.

Karbohidrat dan serat
Meski dalam kadar yang rendah, makanan laut juga mengandung karbohidrat dan serat yang baik untuk kesehatan. Rumput laut memiliki kandungan serat paling tinggi di antara makanan laut lainnya. Selain diolah sebagai makanan, rumput laut juga digunakan untuk produk kecantikan dan obat-obatan.

Perhatian dari PPN Kejawanan yang dalam hal ini dari sektor perikanan dengan berbagi nasi ikan untuk sesama merupakan salah satu langkah peran serta Kementerian Kelautan dan Perikanan dalam hal ini PPN Kejawanan bersama dengan para stakeholder yang membantu nelayan dan masyarakat yang terdampak ekonominya akibat dari pandemi Covid - 19

 

 

 

 

 

PPN Kejawanan   01 Mei 2020   Dilihat : 817



Artikel Terkait: