Indonesia   |   English  
Saran Dan Pengaduan

DIREKTORAT PERENCANAAN RUANG LAUT
DIREKTORAT JENDERAL PENGELOLAAN RUANG LAUT
Kilas Berita  
Pembahasan NSPK sebagai Tindak Lanjut RPP tentang Pelayanan Perizinan Berusaha Berintegrasi Secara Online

Jakarta, 25 Juni 2018. Bertempat di ruang rapat Nila Lt. 15 GMB IV telah dilaksanakan pembahasan guna menindaklanjuti arahan terkait rapat Pembahasan Norma Standar Prosedur dan Kriteria (NSPK) sebagai Tindak Lanjut Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) tentang Pelayanan Perizinan Berusaha Berintegrasi Secara Online.

 

Rapat dihadiri oleh Perwakilan dari Kementerian Sekretariat Negara, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, sedangkan dari internal KKP dihadiri oleh perwakilan dari Unit Kerja Menteri Kelautan dan Perikanan, Sekretariat Jenderal, Ditjen PRL, Ditjen Perikanan Tangkap, Ditjen Perikanan Budidaya serta Ditjen Penguatan  Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan.

 

Tujuan pembahasan tersebut adalah untuk menyiapkan NSPK dan kesiapan pelayanan perizinan berusaha secara online (OSS).

Tindak lanjut lanjut dari pembahasan tersebut antara lain:

  • Sistem OSS dapat diakses pada laman http://oss.go.id , sedangkan untuk internal server internal KKP yang akan diintegrasikan pada sistem OSS dapat diakses melalui laman: http://oss.kkp.go.id. Berdasarkan pemaparan dari Pusdatin-Setjen KKP saat ini sistem OSS sudah mampu merespon permohonan dan mengeluarkan NIB (Nomor Induk Berusaha).
  • Terkait perizinan dilingkup KKP yang belum terakomodir di KBLI, maka akan dibicarakan lebih lanjut dengan Bagian Hukum.
  • Perizinan yang dikeluarkan oleh sistem OSS akan dapat berjalan jika komitmen yang disyaratkan masing-masing K/L terkait telah terpenuhi.
  • K/L terkait tetap dapat melakukan fase monitoring dan pengawasan diluar waktu penerbitan izin pada sistem OSS.
  • Dibutuhkan NSPK untuk memberikan acuan terkait penerbitan izin oleh sistem OSS dan fase selanjutnya yang ditentukan oleh masing-masing K/L.

Direktorat Perencanaan Ruang Laut   25 Juni 2018   Dilihat : 13249



Artikel Terkait: