Indonesia   |   English  
Saran Dan Pengaduan

DIREKTORAT PERENCANAAN RUANG LAUT
DIREKTORAT JENDERAL PENGELOLAAN RUANG LAUT
Kilas Berita  
Direktorat Perencanaan Ruang Laut dan Pemerintah Kerajaan Inggris bahas GTP MSP

Jakarta (30/7). Direktorat Perencanaan Ruang Laut bersama Pemerintah Kerajaan Inggris mengadakan pertemuan secara virtual pada Kamis (30/7) guna membahas Global Trade Program- Marine Spatial Planning (GTP - MSP) Program.

 

Hadir dalam pertemuan tersebut perwakilan Pemerintah Kerajaan Inggris melalui Kedutaan Besar Kerajaan Inggris di Indonesia, perwakilan Subdit lingkup Direktorat Perencanaan Ruang Laut, dan Ernst & Young (EY) Indonesia sebagai konsultan yang ditunjuk oleh Pemerintah Kerajaan Inggris.

Ernst & Young (EY) Indonesia mempunyai tugas untuk berkoordinasi dengan Direktorat Perencanaan Ruang Laut, Ditjen PRL, Kementerian Kelautan dan Perikanan terkait rencana implementasi  GTP - MSP ProgramPada pertemuan tersebut membahas MSP Reserach Project yang akan dilakukan oleh EY Indonesia.

 

Perwakilan Direktorat Perencanaan Ruang Laut memberikan masukan/tanggapan terkait pertanyaan yang diajukan EY Indonesia kaitannya dengan proses, penetapan, monev dan implementasi Rencana Tata Ruang Laut/Rencana Zonasi, serta harapan kedepan.

 

Mengutip laman http://msp.ioc-unesco.org/, sangat tepat apabila Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan dan Pemerintah Kerajaan Inggris melakukan kolaborasi dan research terkait Marine Spatial Planning (MSP). Dalam laman tersebut dapat dilihat status MSP masing-masing negara, termasuk Indonesia dan Pemerintah Kerajaan Inggris (United Kingdom).

 

Sebagai perbandingan, status MSP Indonesia yang baru tercatat di Intergovermental Oceanographic Commission (IOC) adalah untuk Leuser Sunda dengan status Plan Develop, sedangkan United Kingdom untuk beberapa wilayah statusnya sudah Plan Approve. Artinya, MSP di United Kingdom dapat dikatakan selangkah didepan dibandingkan dengan Indonesia.

 

Dengan kerjasama program GTP-MSP Program ini diharapkan mampu mengakselerasi MSP di berbagai kawasan/antar wilayah di Indonesia, dan dapat menaikkan status MSP Indonesia di IOC-Unesco.

 

 

 

 

Direktorat Perencanaan Ruang Laut   30 Juli 2020   Dilihat : 515



Artikel Terkait: