Indonesia   |   English  
Saran Dan Pengaduan

DIREKTORAT PERENCANAAN RUANG LAUT
DIREKTORAT JENDERAL PENGELOLAAN RUANG LAUT
Kilas Berita  
Memahami Reformasi Birokrasi

 1.Apa yang mendasari pelaksanaan reformasi birokrasi?

Reformasi birokrasi didasari atas Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 81 Tahun 2010 tentang Grand Desain Reformasi Birokrasi 2010-2025.

 

2.Apa yang dimaksud dengan reformasi birokrasi?

Reformasi birokrasi adalah perubahan besar dalam paradigma dan tata kelola pemerintahan untuk menciptakan birokrasi pemerintah yang profesional dengan karakteristik adaptif, berintegritas, bersih dari perilaku korupsi kolusi dan nepotisme, mampu melayani publik secara akuntabel, serta memegang teguh nilai-nilai dasar organisasi dan kode etik perilaku aparatur negara.

 

3.Apa tujuan dari reformasi birokrasi?

Reformasi birokrasi bertujuan untuk menciptakan birokrasi pemerintah yang profesional dengan karakteristik adaptif, berintegritas, berkinerja tinggi, bersih dan bebas KKN, mampu melayani publik, netral, sejahtera, berdedikasi, dan memegang teguh nilai-nilai dasar dan kode etik aparatur negara.

 

4.Area apa saja yang menjadi sasaran perubahan dalam reformasi birokrasi?

Terdapat 8 area perubahan dalam Reformasi Birokrasi yaitu : manajemen perubahan, penataan peraturan perundang-undangan, penataan dan penguatan organisasi, penataan tata laksana, penataan sistem manajemen SDM aparatur, penguatan pengawasan, penguatan akuntabilitas kinerja, dan peningkatan kualitas pelayanan publik.

 

5.Organisasi apa saja yang perlu melakukan reformasi birokrasi?

Lingkungan kerja di seluruh Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah perlu melakukan reformasi birokrasi (berdasarkan Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 81 tahun 2010 tentang Grand Design Reformasi Birokrasi 2010-2025).

 

6.Pihak mana saja yang terlibat dalam pelaksanaan reformasi birokrasi?

Dalam pelaksanaan reformasi birokrasi, pihak-pihak yang terlibat adalah: 1) Agen Perubahan, 2) Instansi Pemerintah, 3) Pimpinan dan/atau pegawai instansi pemerintah, 4) Kelompok kumpulan dari individu-individu dalam suatu instansi pemerintah yang memiliki tujuan yang sama, 5) Unit Kerja di lingkungan Instansi Pemerintah, 6) Forum Agen Perubahan, 7) Tim Reformasi Birokrasi Internal (Tim RBI).

 

7.Apa yang dimaksud dengan agen perubahan?

Agen perubahan adalah individu atau kelompok terpilih yang menjadi pelopor perubahan dan sekaligus dapat menjadi contoh dan panutan dalam berperilaku yang mencerminkan integritas dan kinerja yang tinggi di lingkungan organisasinya.

 

8.Mengapa diperlukan agen perubahan dalam reformasi birokrasi?

Agen perubahan ditunjuk untuk mempercepat perubahan kepada seluruh individu anggota organisasi. Diperlukan beberapa individu yang dapat menjadi unsur penggerak utama perubahan dan dapat menjadi contoh dalam berperilaku bagi seluruh individu anggota organisasi yang ada di lingkungan organisasinya.

 

9.Apa saja tugas dari agen perubahan?

Agen perubahan berperan sebagai penggerak perubahan pada lingkungan kerjasekaligusberperan sebagai teladan (role model) bagi setiap individu organisasi yang lain dalam berperilaku sesuai dengan nilai-nilai yang dianut organisasi.Agen Perubahan juga bertanggung jawab untuk selalu mempromosikan dan menjalankan keteladanan mengenai peran tertentu yang berhubungan dengan program yang menjadi tanggung jawabnya.

 

10.Siapa saja yang dapat menjadi agen perubahan?

Individu atau kelompok yang akan ditunjuk menjadi agen Perubahan pada suatu organisasi adalah yang memenuhi kriteria sebagai berikut:

  • Berstatus sebagai Aparatur Sipil Negara/TNI/POLRI
  • Tidak sedang menjalani hukuman disiplin pegawai
  • Bertanggungjawab atas setiap tugas yang diberikan sesuai dengan bidang tugas dan fungsinya
  • Taat aturan disiplin dan kode etik pegawai serta konsisten terhadap penegakan aturan disiplin dan kode etik
  • Mampu memberikan pengaruh positif bagi lingkungan organisasinya
  • Inovatif dan proaktif terkait dengan pelaksanaan tugas fungsi dan upaya peningkatan kualitas pelaksanaan Reformasi Birokrasi

 

11.Siapa yang akan menetapkan agen perubahan pada suatu organisasi?

Pimpinan dari Instansi Pemerintah setempat akan menunjuk individu atau kelompok yang telah memenuhi seluruh kriteria dan lolos semua tahap seleksi untuk menjadi agen perubahan.

 

12.Bagaimana mekanisme kerja agen perubahan dengan pihak lain yang terlibat dalam pelaksanaan reformasi birokrasi?

Mekanisme kerja agen perubahan dalam melaksanakan reformasi birokrasi dapat dikategorikan menjadi beberapa kelompok, yaitu:

  • Mekanisme kerja dengan pimpinan Instansi Pemerintah
  • Mekanisme kerja dengan tim RBI Instansi Pemerintah
  • Mekanisme kerja dengan sesama agen perubahan lainnya

 

13.Siapa yang akan menetapkan agen perubahan pada suatu organisasi?

Pimpinan dari Instansi Pemerintah setempat akan menunjuk individu atau kelompok yang telah memenuhi seluruh kriteria dan lolos semua tahap seleksi untuk menjadi agen perubahan.

 

 

Sumber: http://www.dephub.go.id/post/read/memahami-reformasi-birokrasi , Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Perhubungan - Senin, 20 November 2017

Direktorat Perencanaan Ruang Laut   24 Juli 2020   Dilihat : 502



Artikel Terkait: