Indonesia   |   English  
Saran Dan Pengaduan

DIREKTORAT PERENCANAAN RUANG LAUT
DIREKTORAT JENDERAL PENGELOLAAN RUANG LAUT
Kilas Berita  
MASTER PLAN Sentra Kelautan dan Perikanan Terpadu (SKPT) Kabupaten Sumba Timur

Kabupaten Sumba Timur memiliki wilayah seluas 7.000,5 Km², dengan wilayah laut seluas 8.373,53 Km² dan panjang garis pantai 433,6 Km. Secara administratif terdiri dari 22 buah Kecamatan dan 156 buah Desa/Kelurahan, dengan jumlah kecamatan pesisir sebesar 15 kecamatan. Dengan demikian sebagian besar penduduk Kabupaten Sumba Timur tinggal di wilayah pesisir. Secara geografis, Kabupaten Sumba Timur berada di Provinsi Nusa Tenggara Timur yang berbatasan langsung dengan Negara Timor Leste dan Australia. Kondisi tersebut sangat mendukung Kabupaten Sumba Timur untuk menjadi salah satu lokasi Sentra Kelautan dan Perikanan Terpadu (SKPT).

 

SKPT merupakan konsep pembangunan kelautan dan perikanan berbasis wilayah dengan pendekatan dan sistem manajemen kawasan dengan prinsip: integrasi, efisiensi, kualitas dan akselerasi tinggi. Tujuan dari SKPT adalah membangun dan mengintegrasikan proses bisnis kelautan dan perikanan berbasis masyarakat melalui optimalisasi pemanfaatan sumberdaya kelautan dan perikanan di pulau-pulau kecil dan/atau kawasan perbatasan secara berkelanjutan. Dalam rangka mendukung program tersebut diperlukan perencanaan yang mumpuni yang diterjemahkan dalam Masterplan SKPT.

 

Kegiatan Penyusunan Masterplan SKPT Kabupaten Sumba Timur sangat berperan penting sebagai acuan pembangunan kelautan dan perikanan terintegrasi dalam rangka memajukan dan mensejahterakan masyarakat pulau-pulau kecil terluar. Masterplan SKPT ini merupakan gambaran mengenai potensi yang ada di Kabupaten Sumba Timur yang dapat dikembangkan, serta memuat rencana pengembangan untuk jangka pendek 3 (tiga) tahun dan jangka panjang (Ultimate goal) untuk 20 (duapuluh) tahun. Buku ini memberikan gambaran kepada para investor untuk melakukan pengembangan di Kabupaten Sumba Timur. Semoga buku ini bisa memberikan manfaat besar bagi kemajuan dan meningkatkan daya saing bangsa dalam menghadapi berbagai tantangan, serta secara umum bagi upaya nasional secara berkelanjutan menuju terwujudnya Indonesia yang maju, adil-makmur, dan mandiri.

 

Sumber : 

https://surajis.wordpress.com/2018/01/25/master-plan-sentra-kelautan-dan-perikanan-terpadu-skpt-kabupaten-sumba-timur/

Direktorat Perencanaan Ruang Laut   29 Desember 2017   Dilihat : 696



Artikel Terkait: