Indonesia   |   English  
Saran Dan Pengaduan

LOKA PENGELOLAAN SD PESISIR & LAUT SORONG
DIREKTORAT JENDERAL PENGELOLAAN RUANG LAUT
Kilas Berita  
Kronologi Kejadian Penemuan Coelacanth di Kota Sorong

Pada hari senin, 02 Juli 2018 sekitar pukul 09.30 WIT pada salah satu facebook group  yang berisi info kejadian kota/kab. Sorong dari sebuah akun melakukan posting dengan konten berisi gambar ikan hasil pancingan yang diduga sebagai ikan raja laut/coelacanth. Dalam posting-nya tersebut, si pemilik akun menunjukkan ikan hasil pancingannya dengan tujuan untuk menanyakan instansi terkait yang dapat dihubungi untuk melaporkan penemuan jenis ikan dimaksud. Dalam kolom komentar, beberapa netizen menandai akun facebook fanpages Loka PSPL Sorong (https://www.facebook.com/lpsplsorong/) dengan harapan dapat segera ditindaklanjuti oleh Loka PSPL Sorong yang merupakan UPT Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut terdekat.

 

Setelah berkoordinasi, Loka PSPL Sorong menugaskan tim untuk bertemu dengan pemilik akun untuk mengumpulkan informasi yang lebih detil sekaligus melakukan sosialisasi perlindungan jenis ikan coelacanth dan jenis ikan dilindungi lainnya. Pukul 14.00 WIT, tim bertemu dengan yang bersangkutan. Setelah berkenalan, pemilik akun facebook tersebut adalah seorang pemancing yang juga bekerja di salah satu kesatuan militer yang ada di Papua Barat. Saat ditemui, yang bersangkutan ditemani seorang teman yang mana mereka menyebut dirinya sebagai pegiat mancing mania di Kota Sorong.

 

Berdasarkan informasi yang diperoleh, ikan raja laut/coelacanth terpancing dengan alat pancing joran di perairan Kabupaten Raja Ampat. Ikan ini terpancing pada hari Minggu, 01 Juli 2018 di perkirakan pada kedalaman 300-an meter antara pukul 08.00 hingga 09.00 WIT. Berdasar informasi yang diberikan oleh yang bersangkutan, ikan ini memiliki panjang tubuh tak kurang dari 1 meter.

 

Pada pertemuan ini juga disampaikan, jika dikemudian hari ikan ini tertangkap pancing kembali agar melakukan tindakan awal seperti mengukur panjang tubuh, menimbang berat, mencatat waktu dan kedalaman pancing, serta menandai koordinat dan segera melaporkan ke Loka PSPL Sorong. Tindakan awal seperti ini juga agar disampaikan ke komunitas mancing mania di Kota Sorong mereka yang juga hadir saat pertemuan tersebut. [GAr]

lpsplsorong   03 Juli 2018   Dilihat : 1582



Artikel Terkait: