Indonesia   |   English  
Saran Dan Pengaduan

LOKA PENGELOLAAN SD PESISIR & LAUT SORONG
DIREKTORAT JENDERAL PENGELOLAAN RUANG LAUT
Kilas Berita  
Semakin Kuat, Kini Indonesia Memiliki Tiga Komando Armada

Dahulu kita hanya mengenal 2 Komando Armada yang dimiliki oleh negeri ini. Hanya ada Komando Armada RI Wilayah Barat (Koarmabar) dan Komando Armada RI Wilayah Timur (Koarmatim). Saat ini sebagai implemantasi dari Peraturan Presiden nomor 10 tahun 2010 tentang Susunan Organisasi Tentara Nasional Indonesia yang direvisi dengan Peraturan Presiden nomor 62 tahun 2016 tentang Perubahan Atas Peraturan Presiden nomor 10 tahun 2010 tentang Susunan Organisasi Tentara Nasional Indonesia dibentuklah Komando Armada RI ke-3 yang berpangkalan di Pangkalan Utama TNI AL XIV Sorong. Komando Armada ini memiliki nama Komando Armada RI III (Koarmada-III). Sementara itu Koarmabar mengalami penggantian nama menjadi Komando Armada RI I (Koarmada-I) dan Koarmatim mengalami penggantian nama menjadi Komando Armada RI II (Koarmada-I).

 

Momentum pembentukan Komando Armada RI III ini diresmikan dengan berbagai rangkaian acara pada hari Jum’at, 11 Mei 2018 di kawasan Pangkalan Utama TNI AL XIV Sorong. Hadir dalam peresmian ini Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanyo, S.I.P. didampingi oleh Kasad, Jenderal TNI Mulyono, Kasal, Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., M.A.P. dan Kasau, Marsekal TNI Yuyu Sutisna, S.E., S.Sos., M.M. serta pejabat teras dari seluruh wilayah kerja Komando Armada RI III ini dan Kementerian Lembaga terkait. Bersamaan dengan acara peresmian Komando Armada RI III, dalam kesempatan tersebut juga diresmikan pembentukan Divisi Infanteri-3/Kostrad bermarkas di Makassar, Pasmar-3 Korps Marinir yang juga bermarkas di Sorong, dan Komando Operasi Angkatan Udara III bermarkas di Biak.

 

Peresmian pembentukan komando ini ditandai dengan pelantikan dan pengambilan sumpah kepada komandan satuan yang baru terbentuk tersebut serta penandatanganan pakta integritas dan berita acara perubahan nama dan peresmian kesatuan. Dikutip dari siaran pers Mabes TNI nomor SP-270/V/2018/Pen, Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanyo, S.I.P. menyatakan harapannya terhadap pembentukan Komando Armada RI III ini.

 

Dengan adanya Satuan TNI baru ini secara dimensi ruang memenuhi unsur kematraan lengkap, maka diharapkan dapat bekerja secara sinergis dan interoperable, untuk menghadapi ancaman serta memitigasi persoalan di wilayah Indonesia Timur secara cepat.”, ujar Panglima TNI pada siaran persnya.

 

Pada bagian akhir rangkaian acara peresmian ini, masyarakat Kota Sorong dan sekitarnya mendapat persembahan istimewa dari Tentara Nasional Indonesia. Seperti dikutip dari laman resmi https://koarmatim.tnial.mil.id/, dengan penuh kemeriahan tak kurang dari 30 peterjun dari Kostrad, Denjaka, Taifib, dan Korpaskhas termasuk didalamnya peterjun dari wanita TNI melakukan atraksi  diudara yang menghibur. Tak ketinggalan Pesawat Tempur F-16 milik TNI AU juga beraksi terbang rendah (fly pass) di sekitar kawasan Lantamal XIV Sorong. Semua aksi menghibur yang dapat disaksikan oleh masyarakat umum ini merupakan bentuk rasa syukur atas terbentuknya satuan TNI baru. Selamat kepada TNI, selamat bergabung memperkuat Indonesia untuk Koarmada-III, semoga akan menjadi sinergitas menjaga laut kita yang patut dibanggakan di kemudian hari. Jalesveva Jayamahe, karena Laut Masa Depan Bangsa. [FNH]

lpsplsorong   12 Mei 2018   Dilihat : 4455



Artikel Terkait: