Indonesia   |   English  
Saran Dan Pengaduan

LOKA PENGELOLAAN SD PESISIR & LAUT SORONG
DIREKTORAT JENDERAL PENGELOLAAN RUANG LAUT
Kilas Berita  
PENGKAYAAN STOK DEMI KELESTARIAN JENIS IKAN

Kedaulatan, Keberlanjutan dan Kesejahteraan. Kata-kata yang tidak asing bagi pemanfaat sumber daya kelautan dan perikanan, merupakan 3 pilar yang menjadi misi Kementerian Kelautan dan Perikanan dalam Mewujudkan Sektor Kelautan dan Perikanan Indonesia yang Mandiri, Maju, Kuat dan Berbasis Kepentingan Nasional. Optimalisasi pengelolaan ruang laut, konservasi dan keanekaragaman hayati laut menjadi salah satu tujuan pembangunan kelautan dan perikanan Indonesia. Berbicara tentang konservasi, banyak upaya yang telah dilakukan pemerintah untuk melindungi jenis ikan terancam punah, antara lain menetapkan status perlindungan jenis ikan, menyusun kuota pemanfaatan jenis ikan, menyusun rencana aksi nasional jenis ikan. Tetapi, upaya yang telah dilakukan dirasa belum cukup sehingga diperlukan upaya pelestarian jenis ikan terancam punah, yang merupakan serangkaian kegiatan konservasi dengan tujuan menambah atau meningkatkan jumlah individu baru dalam populasi suatu jenis, serta mempertahankan jumlah individu dalam suatu populasi. Upaya pelestarian yang cukup mudah dilakukan oleh pemerintah maupun masyarakat melalui kegiatan restocking atau penebaran kembali jenis ikan lokal ke habitat alam.

 

Indonesia, salah satu negara dengan biodiversitas tinggi menjadikannya seperti dua sisi mata koin. Kekayaan dan kebanggaan nasional yang dapat dimanfaatkan sebanyak-banyaknya demi kesejahteraan manusia dengan ancaman kepunahan akibat pemanfaatan yang tidak terkontrol. Pertambahan populasi penduduk sejalan dengan peningkatan kebutuhan pangan menjadi salah satu penyebab aktifitas penangkapan semakin intensif. Tidak dipungkiri, adanya jenis ikan introduksi dengan sengaja maupun tidak disengaja menambah permasalahan kelestarian ikan endemik dan ikan lokal dengan kemampuan adaptasi yang lebih baik terhadap lingkungan perairan yang semakin menurun, maupun sifat agresivitas dan pemangsaan langsung ikan endemik dan ikan lokal.

 

Upaya mempertahankan keberadaan jenis ikan di Indonesia dengan melakukan pengkayaan stok ikan (stock enhancement) melalui salah satu cara penebaran kembali (restocking), dengan memperbanyak jenis ikan liar dengan intervensi manusia melalui upaya domestikasi dan budidaya, dimana anakan atau stadia yang lebih besar dikembalikan ke habitat asli. Tujuan utama untuk meningkatkan ukuran populasi ikan lokal yang sebelumnya mengalami penurunan akibat penangkapan, gangguan habitat, pencemaran, persaingan maupun pemangsaan. Tujuan lain, untuk mempertahankan tingkat keanekaragaman hayati jenis ikan di suatu perairan dengan maksud mempertahankan struktur dan fungsi ekologi kawasan perairan dan biota yang berasosiasi di dalamnya dengan jaminan keseimbangan ekologis menjadi ciri dari suatu perairan yang sehat.

 

Bukan hanya pemerintah yang memiliki peran untuk melaksanakan konservasi jenis ikan, peranan masyarakat lokal menjadi salah satu penentu keberhasilan. Penebaran kembali (restocking) jenis ikan ke habitat aslinya memiliki makna dan tujuan sosio-kultural dan historis penting, diluar dari tujuan mempertahankan biodiversitas, melestarikan keberadaan spesies, memelihara kesehatan lingkungan perairan dan mempertahankan keberlanjutan perikanan. Peningkatan kebutuhan pangan, pengembangan ekonomi dan upaya menjunjung tinggi nilai-nilai lokal perlu ditempatkan sebagai bentuk penghargaan kepada masyarakat sekitar yang wilayah perairannya dijadikan tempat pengkayaan stok jenis ikan.

 

Sumber: Pedoman Umum Restoking Jenis Ikan Terancam Punah. Direktorat Konservasi Kawasan dan Jenis Ikan. Direktorat Jenderal Kelautan, Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil.2015

 

lpsplsorong   29 April 2021   Dilihat : 189



Artikel Terkait: