Indonesia   |   English  
Saran Dan Pengaduan

LOKA PENGELOLAAN SD PESISIR & LAUT SORONG
DIREKTORAT JENDERAL PENGELOLAAN RUANG LAUT
Kilas Berita  
Laporan Penemuan Mamalia Laut (Dugong dugon) Terdampar Mati

 

 

Dilaporkan kejadian 2 mamalia laut (Dugong dugon) indukan dan anakan terdampar mati di Pantai Abasi, Manokwari, Papua Barat pada hari kamis 11 Juli 2019. Berdasarkan informasi, kemungkinan dugong telah mati selama 2 sampai 3 hari sebelum ditemukan karena kondisi bangkai yang sudah membusuk dan organ dalam dugong terurai keluar.



Berikut kronologi kejadian penemuan bangkai Dugong :
1. Pkl 08.00 WIT bangkai Dugong di temukan di Pantai Abasi, manokwari dalam keadaan tersangkut di batu pinggir pantai oleh saudari Yosina Wanggai, 28 tahun yang berprofesi sebagai Ibu Rumah Tangga di Kampung Abasi.



2. Pkl 08.20 WIT bangkai Dugong tersebut ditarik oleh sodara Musa Seum ke darat, selanjutnya sekitar pkl 09.00 wit ditemukan lagi bangkai anakan dugong yang berlokasi tidak jauh dari tempat indukan mati ditemukan.



3. Pkl 09.15 WIT masyarakat menghubungi dinas perikanan kabupaten Manokwari, dan tidak lama kemudian petugas dari perikanan atas nama saudara Absalon Wakum.



4. Pkl 11.00 WIT atas petunjuk dari dinas perikanan bangkai Induk Dugong tersebut dikuburkan di pinggir pantai dengan kedalaman 1,7 meter.



5. Pkl 11.30 WIT petugas perikanan mengambil sampel daging induk dan mengevakuasi 1 ekor bangkai utuh anak dugong ke laboratorium Fakultas ilmu Kelautan dan Perikanan Universitas Papua Manokwari .



Penyebab kematian dugong tersebut belum diketahui dan masih dalam proses identifikasi.
Terimakasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada masyarakat daerah setempat sekitas Pantai Abasi, Manokwari, Dinas Perikanan Kabupaten Manokwari, dan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan UNIPA yang telah memiliki kesadaran yang sangat tinggi terhadap mamalia laut terdampar.
#TraKosong #TimurBersinar #LindungiTorang #DJPRLKeren

lpsplsorong   16 Juli 2019   Dilihat : 590



Artikel Terkait: