Indonesia   |   English  
Saran Dan Pengaduan

LOKA PENGELOLAAN SD PESISIR & LAUT SORONG
DIREKTORAT JENDERAL PENGELOLAAN RUANG LAUT
Kilas Berita  
Usaha Yang Tak Di Duga Berhasil

Menjelang siang, Rabu 28 September 2016 Loka PSPL Sorong mendapat laporan dari seorang warga yang bernama Robert bahwa terdapat tukik yang menetas di Pesisir Malaumkarta, Distrik Makbon, Kabupaten Sorong. Segera berkoordinasi dan tim dari Loka PSPL Sorong segera meluncur menuju lokasi yang dilaporkan. Hampir dua jam perjalanan dengan melewati jalur darat dan akhirnya tim berhasil sampai di depan rumah Robert, warga yang melaporkan kejadian menetasnya tukik ini. Tim segera melakukan identifikasi mengenai kronologis penemuan tukik-tukik tersebut.

 

Berdasar identifikasi yang dilakukan, tukik-tukik yang ada merupakan tukik dari jenis penyu hijau (Chelonia mydas). Satu hal yang diluar dugaan, ternyata tukik-tukik tersebut merupakan tukik yang menetas dari sarang yang direlokasi oleh Robert beberapa minggu lalu.

 

Awalnya Robert yang kesehariannya sebagai nelayan di Malaumkarta ini mencurigai adanya bentukan seperti sarang penyu di bibir Pantai Malaumkarta. Lokasinya yang berada terlalu dekat dengan pantai yang saat itu sedang surut menggerakkan dirinya untuk memastikan kebenarannya. Setelah ia gali ternyata memang ditemukan telur-telur penyu sejumlah 80 butir. Telur-telur itu kemudian ia pindahkan ketempat yang lebih tinggi beberapa meter di depan bibir pantai.

 

Sebenarnya sa tra yakin kalo telur itu bisa menetas. Makanya sa tra lapor ke bapak dorang. Soalnya ada yang pernah bilang ke sa, kalo telur su dipindah begitu dia akan busuk”, ungkap Robert saat diwawancarai tim dari Loka PSPL Sorong. Setelah menunggu hampir dua bulan dan tak melihat tanda-tanda ada yang keluar dari sarang relokasi yang dibuatnya dirinyapun merasa pesimis dan menganggap telur-telur penyu yang ia pindahkan tersebut busuk semua. Tak disangka tak dikira, dini hari tadi setelah pulang melaut dia melihat ada banyak tukik yang keluar dari sarang relokasi yang dibuatnya. Segera dikumpulkannya dan ia berhasil mengamankan 17 ekor tukik.

 

Mendengar penjelasan tersebut tim segera menuju sarang relokasi buatan Robert dan diputuskan untuk melakukan pembongkaran sarang dan identifikasi. Tim memang berhasil menemukan 80 butir telur seperti yang dilaporkan Robert. Dari 80 telur yang ditemukan 68 telur teridentifikasi berhasil menetas, 4 telur busuk , dan 8 telur masih utuh. Kedelapan telur yang masih utuh ini kemudian dikembalikan lagi ke sarangnya.

 

Setelah identifikasi dirasa cukup, tim Loka PSPL Sorong beserta Kepala Satker PSDKP Sorong, Kepala Polsek Makbon, Kepala Distrik Makbon, dan perwakilan dari Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Sorong melakukan sosialisasi mengenai perlindungan penyu dan teknis penanganan apabila ditemukan lagi penyu yang bertelur di pesisir Malaumkarta. Puluhan warga dikumpulkan dan diberikan pengertian dan sosialisasi.

 

Waktu menjelang senja, saat semua materi sosialisasi telah tersampaikan, ke-17 tukik yang berhasil diamankan tersebut langsung dilepasliarkan. Semua stakeholder yang hadir saat itu terlibat dan disaksikan langsung oleh warga Malaumkarta, Distrik Makbon, Kabupaten Sorong. [FNH/LPSPLSORONG]

 

lpsplsorong   13 Februari 2019   Dilihat : 197



Artikel Terkait: