Indonesia   |   English  
Saran Dan Pengaduan

LOKA PENGELOLAAN SD PESISIR & LAUT SORONG
DIREKTORAT JENDERAL PENGELOLAAN RUANG LAUT
Kilas Berita  
Boleh Di Pandang, Jangan Di Sentuh

Betapa cantik dan moleknya aku. Keindahanku memukau setiap yang memandang. Jika kau ingin mencari rumahku, datanglah ke Negeri Morella, tak sampai satu jam dari Bandara Internasional Pattimura, Kota Ambon. Ya Pattimura, seseorang yang paling berjasa di Maluku. Namun tunggu dahulu, ini mau berkenalan denganku atau berkenalan dengan Pattimura? Jika aku pilihanmu maka Negeri Morella adalah tujuanmu.

 

Apapun yang kau kendarai tak jadi masalah buatku. Mobil mewah eropa atau motor jadul aku tak peduli. Yang terpenting keselamatanmu yang merupakan anugerah terindah buatku sehingga pertemuan akan melepaskan rasa penasaranmu padaku. Ada dua cara untuk menemuiku. Pertama dengan menyusuri muka air dan melihatku seperti yang banyak orang katakan dengan snorkling. Cara ini ditempuh untuk menikmatiku dari kejauhan. Lebih murah dan terjangkau meskipun ada jarak lebih antara kita namun kau tetap dapat memandangku dan menikmati kecantikanku. Cara yang kedua dengan diving atau menyelam, tapi bukan untuk menyelami hatiku ya! Cara ini butuh lebih banyak usahamu karena banyak perangkat yang harus kau gunakan. Dengan cara ini kau dapat melihatku dari jarak yang lebih dekat dan dekat lagi. Namun tetap saja tak boleh kau menyentuhku. Putuskanlah cara apa yang kau pilih! Jika sudah menentukan cara yang mana yang akan kau pilih, bersiap-siaplah untuk perjumpaan kita. Perjumpaan antara kau dan diriku yang bernama Kima (Tridacna spp.).

 

Wahai para penikmatku, nikmatilah kecantikanku dengan matamu. Boleh dipandang-pandang sampai batasmu tak mampu memandang lagi namun jangan kau sentuh diriku. Sekali kau sentuh aku, akan sirna semua kecantikanku. Aku pemalu dan bahkan sangat pemalu. Cukuplah kita hanya saling memandang, jangan saling memiliki. Mohon maaf, aku bukan untuk dimiliki. Bukankah banyak hal lain yang juga memikat hatimu dan memang pantas kau miliki. Berkenalanlah dengannya, siapa tahu dia berjodoh dan mampu kau miliki untuk kau bawa pulang. Diakhir pandanganmu padaku, tolong sampaikan salam dan pesanku untuk tuan Raja Negeri Morella dan rakyatnya yang selama ini menjagaku. Mohon lindungi aku dari tangan-tangan manusia yang tak bertanggung jawab, jagalah rumahku, jagalah kelestarian kami sekarang dan selamanya agar kami selalu dapat menghiasi birunya laut Negeri Morella. [FW/LPSPLSORONG]

 

lpsplsorong   13 Februari 2019   Dilihat : 192



Artikel Terkait: