Indonesia   |   English  
Saran Dan Pengaduan

LOKA PENGELOLAAN SD PESISIR & LAUT SERANG
DIREKTORAT JENDERAL PENGELOLAAN RUANG LAUT
Kilas Berita  
Kunjungi Pulau Legundi, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Bersama Komisi IV DPR RI Dorong Pengembangan Potensi Garam Rakyat

 

Pulau Legundi (21/10) - Kementerian Kelautan dan Perikanan bersama Komisi IV DPR RI kunjungi lokasi produksi garam yang terletak di Pulau Legundi, Kecamatan Punduh Pedada, Kabupaten Pesawaran, Provinsi Lampung. Kunjungan tersebut bertujuan untuk mengembangkan potensi garam rakyat dan menyerap aspirasi masyarakat pesisir di Pulau Legundi.
Kunjungan kerja tersebut dipimpin oleh Ketua Komisi IV DPR RI Sudin, S.E. dan didampingi oleh Plt. Direktur Jenderal Pengelolaan Ruang Laut (PRL) KKP Dr. Ir. Pamuji Lestari, M.Sc. Turut hadir dalam kunjungan tersebut Bupati Kabupaten Pesawaran, Direktur Jasa Kelautan Ditjen PRL KKP, Direktur Pengembangan PT Garam, dan Kepala Loka Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut Serang.
Kementerian Kelautan dan Perikanan memiliki tanggung jawab untuk mengelola dan mengembangkan potensi yang dimiliki pulau terluar di Indonesia, salah satunya Pulau Legundi. Plt. Dirjen PRL KKP menyampaikan bahwa Pulau Legundi memiliki potensi yang luar biasa, terutama pada sektor produksi garam, untuk itu KKP melalui DItjen PRL mendorong peningkatan ekonomi masyarakat melalui produksi garam dan menjadi desa edukasi wisata.


Senada dengan Plt. Dirjen PRL KKP, Ketua Komisi IV DPR RI juga menyampaikan, Pulau Legundi yang berada di wilayah Kabupaten Pesawaran, Provinsi Lampung, ini menyimpan potensi besar produksi garam. Potensi tersebut perlu didorong agar produksi garam di wilayah ini dapat terus ditingkatkan dan dikembangkan sehingga diharapkan bisa mewujudkan swasembada garam.
Apresiasi dan ucapan terima kasih disampaikan oleh Bupati Kabupaten Pesawaran atas kunjungan yang dilakukan oleh Ketua Komisi IV DPR RI dan Plt. Dirjen PRL KKP. Bupati juga berharap agar masyarakat dapat dibantu meningkatkan sarana prasarana serta pemasaran hasil produksi garam yang dimiliki oleh Pulau Legundi.
Ketua Kelompok Usaha Bersama (KUB) Tegarindo, Firman Jaya menyampaikan, produksi garam di Pulau Legundi sudah berjalan sejak 2019, rata-rata produksi dalam sebulan mencapai 20 ton. Diharapkan dengan adanya perluasan lahan baru dalam produksi garam model prisma, angka produksi garam di Pulau Legundi dapat mencapai 200 ton per bulan serta dapat diolah untuk garam industri dan farmasi.

Loka Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut Serang   21 Oktober 2021   Dilihat : 93



Artikel Terkait: