Indonesia   |   English  
Saran Dan Pengaduan

LOKA PENGELOLAAN SD PESISIR & LAUT SERANG
DIREKTORAT JENDERAL PENGELOLAAN RUANG LAUT
Kilas Berita  
Tingkatkan Kualitas Pendataan Pelayanan Rekomendasi Hiu Pari, LPSPL Serang Laksanakan Pelatihan Pengenalan Jenis Hiu dan Pari

Jakarta (13/10) - LPSPL SERANG menyelenggarakan Pelatihan Identifikasi Produk Hiu dan Pari yang berlokasi di CV. Alam Laut, Komplek Pergudangan Muara Baru Ujung, DKI Jakarta. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 12-13 Oktober 2021 yang dihadiri oleh perwakilan dari pengguna layanan penerbitan rekomendasi Hiu dan Pari wilayah kerja LPSPL Serang.

Selasa 12 Oktober 2021, kegiatan dimulai dengan penjelasan terkait pemisahan produk berdasarkan jenis produk dan spesiesnya dalam rangka penyesuaian mekanisme penerbitan rekomendasi melalui aplikasi E-SAJI. Kegiatan selanjutnya yaitu diskusi mengenai aplikasi E-SAJI, kemudian dilanjutkan dengan praktek identifikasi jenis daging Hiu dan Pari oleh Bapak Deden Solihin, S.Pi, M.Si, Ibu Nurmila Anwar, S.Pi, M.Si dan Bapak Budi Raharjo, S.Kel. Praktek identifikasi Hiu dan Pari diisi dengan kegiatan penjelasan mengenai cara membedakan produk hiu melalui jenis kategori pada tiap-tiap spesies hiu. Setelah membedakan jenis hiu dari segi kategori kemudian dilanjut dengan penjelasan pada masing-masing spesies dan cara membedakannya. Kegiatan selanjutnya yaitu melakukan praktek langsung kepada perwakilan perusahaan untuk mengidentikasi hiu dan menyebutkan jenis spesies yang dipilih. Tidak hanya praktek identifikasi pada produk hiu gelondongan saja, akan tetapi penjelasan mengenai produk pari dan juga produk hiu yang sudah di fillet.

Rabu 13 Oktober 2021, kegiatan diawali dengan diskusi dan penjelasan terkait pemisahan produk berdasarkan jenis dan spesiesnya dan mendiskusikan mengenai aplikasi E-SAJI. Kemudian dilanjutkan dengan penjelasan identifikasi produk sirip, kulit, dan tulang hiu pari.
Rangkaian kegiatan selanjutnya yaitu melakukan praktek identifikasi jenis berdasarkan produk sirip, kulit dan tulang hiu pari berdasarkan masing-masing kategori dan spesiesnya.

Loka Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut Serang   13 Oktober 2021   Dilihat : 117



Artikel Terkait: