Indonesia   |   English  
Saran Dan Pengaduan

LOKA PENGELOLAAN SD PESISIR & LAUT SERANG
DIREKTORAT JENDERAL PENGELOLAAN RUANG LAUT
Kilas Berita  
SOSIALISASI PENANAMAN MANGROVE TANDAI MULAINYA PROGRAM PEN MANGROVE DI CIREBON

Cirebon (15/09)-Sosialisasi penanaman mangrove di Kabupaten Cirebon ini dilaksanakan di Kantor Kecamatan Guning Jati Cirebon pada tanggal 15 September 2021. Kegiatan ini dihadiri secara langsung oleh Ibu Kepala Dinas Perikanan dan kelautan Dra. Hj. Ita Rohpitasari, M.Si dan Koordinator Restorasi, Direktorat Pendayagunaan Pesisir Dan Pulau-Pulau Kecil, Direktorat Jenderal Pengelolaan Ruang Laut Bapak Hery Gunawan Daulay, SP, MM. Selain dihadiri oleh kelompok masyarakat mangrove, kegiatan ini juga dihadiri oleh Dinas KP Kabuaten Cirebon, Cabang Dinas KP Provinsi Jawa Barat, Pengawas Perikanan Provinsi Jawa Barat, Penyuluh Perikanan, Camat Gunung Jati, Polsek Gunung Jati, Koramil Gunung Jati, Kades Grogol, Kades Wanakarya, Kades Jatimerta, Kades Kalisapu, Kades Pasindangan, dan Kades Klayan.
Pada kegiatan sosialisasi tersebut disampaikan langsung oleh kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Cirebon tentang Pengelolaan Ekosistem Mangrove di Kabupaten Cirebon. Selain itu beliau juga menyampaikan kepada peserta yang hadir bahwa dalam rangka pengusulan bantuan pemerintah, kelompok masyarakat maupun dari kepala desa setempat dapat menyampaikan proposal kepada Dinas Perikanan dan Kelautan terlebih dahulu. Hal ini dilakukan agar sinergisitas dalam pengelolaan kegiatan dan perikanan dapat tercapai. Bapak Haery G Daulay Koordinator Restorasi Dit P4K menyampaikan bahwa kegiatan penanaman mangrove di Cirebon ini merupakan salah satu program PEN dimana bersifat padat karya menggunakan metode swakelola tipe IV.
Kepala LPSPL Serang yang diwakili oleh pelaksana koordinasi program dan evaluasi juga menyampaikan terkait dengan teknis pelaksanaan kegiatan penanaman mangrove tersebut. Di tempat terpisah Kepala LPSPL Serang Bapak Syarif Iwan Taruna Alkadrie, S.T, M.Si menyampaikan bahwa selain berfungsi untuk keseimbangan lingkungan pantai, kawasan mangrove telah menjadi salah satu sumber penghidupan bagi masyarakat pesisir. Hal ini menjadi penting untuk membantu program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) melalui program Padat Karya Penanaman Mangrove yang benar-benar berorientasi untuk meningkatkan kondisi ekonomi masyarakat pesisir. Total terdapat luas 24 Ha Kawasan yang akan dilakukan penanaman oleh 2 kelompok yaitu POKMASWAS Mina Lestari dan POKMASWAS Serena.

Loka Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut Serang   20 September 2021   Dilihat : 67



Artikel Terkait: