Indonesia   |   English  
Saran Dan Pengaduan

LOKA KAWASAN KONSERVASI PERAIRAN NASIONAL PEKANBARU
DIREKTORAT JENDERAL PENGELOLAAN RUANG LAUT
Kilas Berita  
LKKPN Pekanbaru Serahkan Bantuan KOMPAK untuk Mendukung Peran Kelompok Masyarakat dalam Pelestarian Penyu di Kepulauan Anambas

Tarempa (21/6), Kementerian Kelautan dan Perikanan cq. Direktorat Jenderal Pengelolaan Ruang Laut (DJPRL) melalui LKKPN Pekanbaru melaksanakan acara serah terima bantuan kepada kelompok masyarakat penggerak konservasi (KOMPAK) Penyu Jemaja Lestari bertempat di Ruang Pertemuan Media Center Kantor Bupati Kepulauan Anambas yang dihadiri oleh Sekda Kepulauan Anambas, Komandan Pangkalan Angkatan Laut Tarempa, Kapolres Kepulauan Anambas, Kepala Balitbangpeda Kabupaten Kepulauan Anambas, Kepala Dinas Perikanan, Pertanian dan Pangan Kabupaten Kepulauan Anambas, Kepala Cabang Dinas Kelautan dan Perikanan Kepri di Anambas, dan Kepala Satwas SDKP Anambas.

 

 



Keberadaan Kelompok Masyarakat Penggerak Konservasi (KOMPAK) penting bagi kawasan konservasi karena kegiatan mereka bersentuhan secara langsung dengan kawasan. Pemberian bantuan juga sebagai bentuk dan upaya dari Kementerian kelautan dan Perikanan melibatkan peran serta masyarakat dalam membantu pemerintah mengelola kawasan konservasi, karena keterbatasan sumberdaya yang dimiliki pemerintah bisa ditutupi oleh keterlibatan masyarakat dan agar kelompok masyarakat dapat mengelola sumberdaya dalam kawasan konservasi secara mandiri sekaligus dapat mendatangkan manfaat ekonomi secara berkelanjutan.

 

Kelompok Penyu Jemaja Lestari telah melakukan usaha konservasi terhadap telur penyu sejak tahun 2018 dengan memindahkan telur dari sarangnya di Pantai Pulau Teluk Dalam ke media drum hingga menetas dan kemudian dilepasliarkan kembali ke laut. Untuk mendukung kegiatan tersebut bantuan yang diberikan berupa perahu fiber dengan mesin 25 PK dan peralatan pendukung pelestarian penyu berupa 5 life jacket, 4 headlamp dan 1 kamera underwater dengan total bantuan Rp. 99.247.875. Pemberian bantuan ini disambut baik oleh Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas, dan berharap kerjasama ini membuahkan hasil berupa lestarinya satwa penyu di Kepulauan Anambas. “Kayuh Serentak Langkah Sepijak antara LKKPN Pekanbaru dengan kelompok Penyu Jemaja Lestari diharapkan dapat melestarikan penyu sebagai hewan langka dan dilindungi” kata Sahtiar.

 

 

Sejalan dengan itu Direktur KKHL Andi Rusandi berharap kehadiran kelompok ini menunjukkan semakin tingginya kesadaran masyarakat Kepulauan Anambas akan pentingnya kegiatan konservasi khususnya dalam pelestarian penyu dan diharapkan hal baik ini bisa memacu masyarakat lainnya sehingga akan muncul banyak kelompok-kelompok penggerak konservasi. “KKP melalui Direktorat Jenderal Pengelolaan Ruang Laut siap untuk memfasilitasi kelompok-kelompok penggerak konservasi” ujar Andi.

 

Pemberian bantuan kepada Kelompok Penyu Jemaja Lestari telah mengikuti prosedur sesuai dengan KepmenKP No 4 Tahun 2022 tentang Petunjuk teknis penyaluran bantuan konservasi dan KKP melalui LKKPN Pekanbaru telah menyalurkan bantuan konservasi dari tahun 2017-2022 sebesar 1,6 milyar untuk 16 kelompok masyarakat penggerak konservasi.“Kita tidak langsung berlepas tangan setelah pemberian bantuan ini, kita selalu melakukan monitoring dan evaluasi serta melakukan pembinaan terhadap kelompok-kelompok yang menerima bantuan konservasi ini, harapan kita dengan bantuan ini kelompok dapat membantu pemerintah mengelola kekayaan alam Perairan Anambas yang luar biasa sehingga memberikan manfaat untuk kesejahteraan dan kemakmuran bagi masyarakat Kepulauan Anambas” ujar Fajar Kurniawan.

 

Kelompok Penyu Jemaja Lestari berkomitmen untuk memanfaatkan bantuan konservasi yang telah diberikan untuk melakukan konservasi penyu lebih baik dan giat lagi serta mengharapkan bimbingan dan pembinaan dari LKKPN Pekanbaru. “Stop makan telur penyu, stop jual telur penyu agar anak cucu yang akan datang tetap bisa lihat penyu di Kepulauan Anambas” tutup Burhan Ketua Kelompok Penyu Jemaja Lestari.

Loka Kawasan Konservasi Perairan Nasional (LKKPN) Pekanbaru   21 Juni 2022   Dilihat : 40



Artikel Terkait: