Indonesia   |   English  
Saran Dan Pengaduan

LOKA KAWASAN KONSERVASI PERAIRAN NASIONAL PEKANBARU
DIREKTORAT JENDERAL PENGELOLAAN RUANG LAUT
Kilas Berita  
Kumpulkan Data Dukung Potensi Wisata Dolphin Watching, LKKPN Pekanbaru Kembali Laksanakan Monitoring Cetacean di Kawasan TWP Pieh

(Padang, 06/17) Dalam rangka pengelolaan rutin potensi Kawasan Konservasi Perairan Nasional, LKKPN Pekanbaru melalui Wilker TWP Pulau Pieh dan Laut Sekitarnya kembali lakukan kegiatan monitoring cetacean di sekitar perairan TWP Pulau Pieh pada Kamis, 16 Juni 2022. Masih dengan metode yang sama, monitoring dilakukan dengan mengobservasi pemunculan cetacean di dalam kawasan konservasi dengan memperhatikan lokasi, jenis hingga tingkah laku kelompok dengan tujuan untuk mendapatkan data dan informasi cetacean di dalam kawasan. Monitoring kali ini melibatkan 10 personil tim monitoring LKKPN Pekanbaru dengan menggunakan Kapal Spinner Dolphin.

 

 

 

Terdapat dua sighting cetacean yang ditemukan oleh tim monitoring, yaitu di Timur Pulau Bando dan Timur Laut Pulau Pandan. Salah satu sighting cetacean teridentifikasi dari jenis Stenella longirostris, sedangkan sighting lainnya tidak dapat teridentifikasi karena muncul di saat tim sedang beristirahat. Pada saat monitoring dilakukan, kondisi arus teramati cukup kuat dengan gelombang sedang.

 

Pemilihan waktu pelaksanaan monitoring didasarkan pada data prediksi pasang surut yang diperoleh dari BMKG Maritim Sumatera Barat Tahun 2022, yang menyatakan bahwa tanggal 16 Juni merupakan saat pasang surut tertinggi pada bulan tersebut. Pada monitoring kali ini bertujuan untuk menghimpun data sebagai data pembanding dari pengamatan sebelumnya yang juga dilaksanakan pada saat pasang surut tertinggi di bulan lalu dimana cukup banyak ditemukan pemunculan cetacean. Namun belum dapat disimpulkan apakah kondisi pasang surut tertinggi ini memberikan pengaruh terhadap kemunculan cetacean di kawasan. Masih diperlukan data yang lebih banyak untuk merepresentatifkan dugaan tersebut. Selain itu, masih terdapat faktor/parameter lain yang dapat mempengaruhi kemunculan seperti sumber makanan, kondisi cuaca, arus, gelombang dan lainnya.

 

 

Meskipun hanya dua sighting cetacean yang ditemukan, diharapkan hasil monitoring kali ini dapat menjadi catatan dan informasi baru terkait cetacean dalam kawasan TWP Pulau Pieh yang dapat digunakan dalam pemanfaatan potensi kawasan untuk kegiatan dolphin watching atau whale watching di masa mendatang. Tentunya kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemanfaatan kawasan yang berkelanjutan untuk kesejahteraan masyarakat di sekitar TWP Pulau Pieh dan Laut Sekitarnya.

Loka Kawasan Konservasi Perairan Nasional (LKKPN) Pekanbaru   18 Juni 2022   Dilihat : 51



Artikel Terkait: