Indonesia   |   English  
Saran Dan Pengaduan

LOKA KAWASAN KONSERVASI PERAIRAN NASIONAL PEKANBARU
DIREKTORAT JENDERAL PENGELOLAAN RUANG LAUT
Kilas Berita  
LKKPN Pekanbaru Jalin Silaturrahmi dengan Mitra Konservasi, Yayasan Minang Bahari dan Kerjasama Kemitraan, Universitas Bung Hatta dalam rangka Monitoring dan Evaluasi Kemitraan Semester I dan Rencana Implementasi Kemitraan Semester II

(Pekanbaru, 16/06) Loka Kawasan Konservasi Perairan Nasional (LKKPN) Pekanbaru melakukan kegiatan monitoring dan evaluasi kemitraan semester I dan Rencana Implementasi Kemitraan Semester II dengan mitra konservasi, yaitu Yayasan Minang Bahari dan Kerjasama Kemitraan, Universitas Bung Hatta. Kegiatan dilaksanakan pada hari Kamis, tanggal 16 Juni 2022. Kegiatan dilakukan di Sekretariat Yayasan Minang Bahari dan di ruang Pertemuan Universitas Bung Hatta Gedung B Kampus I . Dihadiri oleh Kepala Loka KKPN Pekanbaru, Bapak Fajar Kurniawan, Bapak Ihsan Ramli dari Direktorat Konservasi dan Keanekaragaman Hayati Laut, Bapak Samsuardi, ketua Yayasan Minang Bahari beserta tim, serta tim LKKPN Pekanbaru. kegiatan pertemuan di Universitas Bung Hatta dihadiri oleh, Bapak Arlius, Dekan FPIK Universitas Bung Hatta, Bapak Harfiandri Damanhuri dosen FPIK Universitas Bung Hatta beserta tim. Objek yang dimonitor dan dievaluasi melibatkan pihak kesatu, LKKPN Pekanbaru, wilker TWP Pieh dan pihak kedua, Yayasan Minang Bahari dan Universitas Bung Hatta sesuai dengan rencana kerja tahunan (RKT) yang telah disepakati oleh kedua belah pihak.

 

 

 

Agenda pertama mengunjungi secretariat Yayasan Minang Bahari. Terdapat 3 ruang lingkup kegiatan LKKPN Pekanbaru dengan Yayasan Minang Bahari. Kegiatan di semester I yang telah terlaksana antara kedua belah pihak antara lain : (1) Ruang lingkup pertama, perlindungan dan rehabilitasi habitat ikan, telah dilaksanakan kegiatan monitoring biofisik yang meliputi pengamatan terumbu karang, ikan karang, dan megabentos pada tanggal 1-10 Juni 2022 serta pengendalian Crown of Thorns (Acanthaster sp.) (2) Ruang lingkup kedua, pemahaman dan kesadaran tentang konservasi kepada masyarakat, kegiatan berbentuk pembelajaran tentang konservasi dan edukasi selam; (3) Ruang lingkup ketiga, pemanfaatan pariwisata berkelanjutan, dengan bentuk kegiatan penyiapan dukungan materi dan bahan promosi berupa leaflet, merepost postingan pihak kesatu tentang TWP Pulau Pieh, pihak kedua mencantumkan tautan dari landing page TWP Pulau Pieh dari Seapark, dan pelaporan online oleh pihak kedua sebagai bukti telah terlaksananya kegiatan tersebut. LKKPN Pekanbaru dan Yayasan Minang Bahari telah mengimplementasikan seluruh ruang lingkup yang telah disepakati. Namun, hal ini tidak menutup kemungkinan bahwa seluruh kegiatan akan dilaksanakan lagi pada semester II tahun 2022.

 

 

Agenda kedua melakukan pertemuan dengan Universitas Bung Hatta. Perjanjian Kerja Sama antara LKKPN Pekanbaru dan Universitas Bung Hatta berlaku sejak tahun 29 November 202. Terdapat tiga ruang lingkup, pertama, peningkatan kapasitas sumber daya manusia diwujudkan melalui kegiatan magang dan penelitian mahasiswa yang dilaksanakan di TWP Pulau Pieh pada semester I. kedua, peningkatan pemahaman dan kesadaran masyarakat dilakukan dengan kegiatan sosialisasi terkait kebijakan pengelolaan kawasan konservasi pada saat (1) Kuliah kerja nyata (KKN) yang akan dilaksanakan pada bulan Agustus 2022; (2) Kelas Internasional tentang Cetacean pada bulan September 2022; (3) Kelas Internasional Fish Health and Sustainable pada bulan Juli 2022; dan (4) Kuliah umum pada bulan September 2022. Sementara itu, ruang lingkup pengembangan data dan informasi akan dilakukan pembahasan lebih lanjut pada pertemuan berikutnya.

Loka Kawasan Konservasi Perairan Nasional (LKKPN) Pekanbaru   16 Juni 2022   Dilihat : 49



Artikel Terkait: