Indonesia   |   English  
Saran Dan Pengaduan

LOKA KAWASAN KONSERVASI PERAIRAN NASIONAL PEKANBARU
DIREKTORAT JENDERAL PENGELOLAAN RUANG LAUT
Kilas Berita  
Perkuat Pengawasan di Kawasan Konservasi Ditjen PRL Melakukan Rapat Koordinasi dengan Ditjen PSDKP

(Pekanbaru, 12/05) Kamis 12 Mei 2022 LKKPN Pekanbaru turut serta dalam rapat koordinasi yang diselenggarakan oleh Direktorat KKHL. Rapat koordinasi ini dihadiri oleh Perwakilan Ditjen PRL (Dit. KKHL dan UPT Pengelola Kawasan Konservasi) dan Ditjen PSDKP (Dit. PDOA, Dit. PPSDK dan Dit. PP). Adapun tujuan dilaksanakan rapat ini adalah untuk mencari solusi dari permasalahan di Kawasan Konservasi terkait masih banyaknya pelanggaran pemanfaatan di Kawasan Konservasi, sebagaimana telah diketahui terkait tusi pengawasan melekat di Ditjen PSDKP.

 

 

Beberapa permasalahan yang disampaikan antara lain di TWP Kepulauan Anambas : masih banyaknya aktifitas destruktif di kawasan, pelanggaran zonasi, pelanggaran ijin pemanfaatan kawasan. Adapun beberapa permasalahan di TWP Pulau Pieh : pelanggaran zonasi, pemanfaatan wisata pancing dan penggunaan rumpon di Kawasan Konservasi serta permasalahan-permasalahan lain di Kawasan Konservasi Perairan Nasional Bagian Timur. Beberapa poin-poin penting dalam rapat tersebut antara lain:
1. Pengawasan di Kawasan Konservasi sudah menjadi perhatian khusus PSDKP dan program-program pengawasan sudah dititipkan ke UPT PSDKP yang dekat dengan Kawasan Konservasi
2. Perlunya mengaktifkan POKMASWAS binaan untuk mengoptimalkan pengawasan karena keterbatasan SDM
3. Perlu adanya Bimtek bagi POKMASWAS di Kawasan Konservasi
4. Diperlukannya inventarisasi data-data pelanggaran di Kawasan Konservasi
5. Perlu adanya penempatan khusus Pengawas Perikanan di Kawasan Konservasi
6. PSDKP sepenuhnya siap berkolaborasi dalam menjaga Kawasan Konservasi
Dengan adanya koordinasi yang intens ditingkat pusat antara Ditjen PRL (Dit. KKHL) dan Ditjen PSDKP diharapkan masalah-masalah pelanggaran pemanfaatan di dalam Kawasan Konservasi dapat cepat terselesaikan dan tidak terulang di kemudian hari.

 

   

Loka Kawasan Konservasi Perairan Nasional (LKKPN) Pekanbaru   18 Mei 2022   Dilihat : 69



Artikel Terkait: