Indonesia   |   English  
Saran Dan Pengaduan

LOKA KAWASAN KONSERVASI PERAIRAN NASIONAL PEKANBARU
DIREKTORAT JENDERAL PENGELOLAAN RUANG LAUT
Kilas Berita  
Rapat Pembahasan Permasalahan Implementasi Ijin Pemanfaatan Kawasan dan Jenis Ikan Dilindungi

(Pekanbaru, 11/05) LKKPN Pekanbaru turut hadir dalam Rapat Pembahasan Implementasi Ijin Pemanfaatan Kawasan dan Jenis Ikan Dilindungi. Rapat dihadiri oleh perwakilan Setditjen PRL, Dit KKHL, UPT Pengelola Kawasan Konservasi dan BRSDM. Adapun tujuan dari dilaksanakan rapat tersebut adalah untuk membahas antisipasi perubahan organisasi BRSDM hubungannya terkait pemanfaatan kawasan konservasi (Penerbitan Tanda Masuk Penelitian) dan pemanfaatan jenis ikan yang dilindungi.

 

   



Bahwa dalam Permen KP No 47 Tahun 2016 dan Permen KP 61 Tahun 2018 ijin masuk untuk penelitian dan pemanfaatan jenis ikan dilindungi untuk kegiatan penelitian harus menyertakan Izin Litbang Karakteristik Unik yang dikeluarkan oleh BRSDM KKP, sedangkan kondisi saat ini terdapat masa peralihan struktur organisasi di BRSDM KKP dan berpengaruh terhadap pelayanan penerbitan ijin Litbang karakteristik unik menjadi tidak ada di BRSDM KKP. Hal ini tentunya berimbas juga terhadap pelayanan penerbitan tanda masuk penelitian dan pelayanan pemanfaatan jenis ikan dilindungi yang dikeluarkan oleh Ditjen PRL. Dari hasil diskusi pada rapat tersebut diperoleh beberapa poin penting sebagai berikut :
1. Berdasarkan pendapat dari bagian hukum KKP selama belum ada pengesahan peralihan BRSDM ke BRIN fungsi pelayanan penerbitan ijin Litbang karateristik unik di BRSDM KKP tetap berjalan seperti biasanya.
2. Sebagai gambaran dimasa mendatang bahwa nantinya semua ijin riset akan dikeluarkan oleh BRIN, terkait pengaturan ijin penelitian dan pemanfaatan jenis ikan dilindungi nantinya akan coba disesuaikan dengan peraturan yang baru.
3. Terkait masih adanya wewenang BRSDM untuk mengeluarkan ijin penelitian karakteristik unik, Direktorat KKHL berencana akan melakukan koordinasi secara langsung dengan BRSDM harapannya agar pelayanan penerbitan ijin litbang obyek karakteristik unik yang menjadi wewenang BRSDM KKP tetap berjalan seperti sebelumnya.
4. Perlu adanya simplifikasi pelayanan penerbitan tanda masuk penelitian di kawasan konservasi untuk memicu semakin banyaknya peneltian yang akan memberikan manfaat besar terhadap pengelolaan kawasan konservasi.

 

Loka Kawasan Konservasi Perairan Nasional (LKKPN) Pekanbaru   11 Mei 2022   Dilihat : 51



Artikel Terkait: