Indonesia   |   English  
Saran Dan Pengaduan

LOKA KAWASAN KONSERVASI PERAIRAN NASIONAL PEKANBARU
DIREKTORAT JENDERAL PENGELOLAAN RUANG LAUT
Kilas Berita  
LKKPN Pekanbaru Lakukan Verifikasi Calon Penerima Bantuan KOMPAK Tahun 2018 di Anambas

 

Calon penerima bantuan untuk Kelompok Masyarakat Penggerak Konservasi (KOMPAK) di Kabupaten Kepulauan Anambas mulai diverifikasi pada tanggal 16 Maret 2018 yang bertempat di Kantor Satker TWP Kepulauan Anambas. Verifikasi terhadap calon penerima bantuan KOMPAK ini bertujuan untuk memastikan kebenaran dan kelengkapan administrasi kelompok calon penerima bantuan. Hal ini dilakukan agar bantuan KOMPAK dapat disalurkan tepat pada sasaran. Kegiatan verifikasi tersebut secara langsung dihadiri oleh Kepala LKKPN Pekanbaru dan calon penerima bantuan dari POKMASWAS Istana Laut Bermarwah, Pecinta Alam Laut Anambas Bahari (PALAB), Anambas Snorkeling Community (ASC) dan POKMAS Konservasi Desa Landak.

 

Penyaluran bantuan KOMPAK ini mengacu pada Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 70/PERMEN-KP/2016 tentang Pedoman Umum dalam Rangka Penyaluran Bantuan Pemerintah di Kementerian Kelautan dan Perikanan. Selain itu, penyaluran bantuan KOMPAK juga mengacu pada Petunjuk Teknis Penyaluran Bantuan Pemerintah Berupa Bantuan Konservasi di Lingkup Direktorat Jenderal Pengelolaaan Ruang Laut. Bantuan pemerintah untuk konservasi (KOMPAK) merupakan bagian dari upaya untuk mencapai target efektivitas pengelolaan kawasan konservasi sebagaimana diatur dalam Rencana Pengelolaan Kawasan Konservasi. LKKPN Pekanbaru sebagai Pengelola Kawasan Konservasi perairan Nasional TWP Kepulauan Anambas wajib melaksanakan strategi pemberdayaan sosial dan ekonomi masyarakat. Masyarakat sebagai pihak yang langsung bersinggungan dengan upaya-upaya konservasi di lapangan harus memiliki kapasitas dan sekaligus mitra pengelolaan konservasi. Secara ekonomi masyarakat juga harus dipastikan dapat memperoleh manfaat dari adanya kebijakan konservasi melalui kegiatan pemanfaatan baik perikanan, pariwisata, maupun penelitian dan pendidikan.

 

Adapun mekanisme penyaluran bantuan tersebut meliputi : (1). Usulan penerima bantuan pemerintah; (2). Identifikasi, seleksi, dan verifikasi kelompok masyarakat penggerak konservasi; (3). Penetapan calon penerima bantuan pemerintah; (4). Penyaluran bantuan pemerintah; (5). Pendampingan dan pembinaan penggunaan bantuan; dan (6). Monitoring dan Evaluasi. Pada pertemuan verifikasi tersebut merupakan tahap kedua dari rangkaian penyaluran bantuan KOMPAK. Selanjutnya pada bulan April telah diagendakan untuk dilakukan verifikasi lapang dan penetapan calon penerima bantuan KOMPAK.

 

 

Loka Kawasan Konservasi Perairan Nasional (LKKPN) Pekanbaru   25 Maret 2018   Dilihat : 1147



Artikel Terkait: