Indonesia   |   English  
Saran Dan Pengaduan

LOKA KAWASAN KONSERVASI PERAIRAN NASIONAL PEKANBARU
DIREKTORAT JENDERAL PENGELOLAAN RUANG LAUT
Kilas Berita  
Dalam rangka HUT Kementerian Kelautan dan Perikanan yang ke-22, Loka KKPN Pekanbaru ikut mendorong “Ekonomi Biru Untuk Indonesia” melalui program CRG bersama Masyarakat BUMDES Tujuh Kunci Desa Batu Belah

Batubelah (16/10) Mengisi HUT Kementerian Kelautan dan Perikanan yang ke-22, Loka KKPN Pekanbaru melakukan monitoring bersama program Coral Reef Garden (CRG) di Pulau Temawan Desa Batu Belah. Kegiatan Coral Reef Garden merupakan program pemberdayaan masyarakat berbasis ekosistem yang mana diinisiasi oleh Loka KKPN Pekanbaru guna meningkatkan keterlibatan masyarakat dalam pelestarian dan pemanfaatan Kawasan Konservasi. Kegiatan ini sebelumnya telah diserah-terimakan kepada masyarakat (pengelola yakni BUMDES Tujuh Kunci Desa Batubelah). Tindak lanjut dari serah terima tersebut adalah Loka KKPN Pekanbaru dalam hal ini Wilker TWP Kepulauan Anambas tetap memberikan pendampingan dalam pengelolaan program CRG tersebut.

 

 

Hal ini senada dengan penyampaian Kepala Loka KKPN Pekanbaru, Fajar Kurniawan, pada kegiatan serah terima program CRG kepada BUMDES Tujuh Kunci Desa Batubelah. “Setelah serah terima ini kami (Loka KKPN Pekanbaru) siap mendampingi dalam hal untuk memonitoring dan sharing informasi tentang pengelolaan dan keilmuan didalam program CRG” terang Fajar.

 

 

Bertepatan dengan momentum memperingati hari ulang tahun Kementerian Kelautan dan Perikanan yang ke-22, Loka KKPN Pekanbaru melalui Wilker TWP Kep. Anambas bersama masyarakat serta BUMDES Tujuh Kunci melakukan monitoring bersama program CRG di Pulau Temawan. Monitoring ini merupakan rangkaian pelaksanaan kegiatan yang kedua kalinya dalam melihat, memantau dan mencatat perkembangan dari program CRG (Survival Rate dan Pemeliharaan Fragmen dan Substrat). Ipan S. Pratama selaku ketua pengelola BUMDES Tujuh Kunci pada kesempatan monitoring bersama ini menyampaikan terima kasih kepada Loka KKPN Pekanbaru dan Wilker TWP Kep. Anambas yang tetap mendampingi dan membimbing dalam hal memonitoring CRG ini. Ipan mengungkapkan bahwa masyarakat Desa Batubelah memang pada dasarnya mempunyai kemampuan menyelam, namun tidak mempunyai keahlian dibidang pelestarian pada terumbu karang sebagaimana mestinya. Peran Loka KKPN Pekanbaru melalui Wilker TWP Kep. Anambas sangat diharapkan dalam upaya transfer ilmu pengetahuan dalam pengelolaan CRG ini kedepannya.

 

 

Dalam kesempatan yang sama Subkoordinator Pendayagunaan dan Pengawasan, Syofyan Roni, menyampaikan kegiatan monitoring ini merupakan tindak lanjut dari perhatian Loka KKPN Pekanbaru kepada program CRG dengan tetap mengedepankan transfer pengetahuan kepada masyarakat bagaimana cara perawatan dan pemeliharaan yang baik dan benar terhadap Coral Reef Garden (CRG) ini. Sejalan dengan peringatan HUT Kementerian Kelautan dan Perikanan ke-22, harapan besar Loka KKPN Pekanbaru dengan adanya progam CRG ini dapat memberikan dampak secara ekologi dan sosial ekonomi kedepannya dan juga memberikan kontribusi dalam pewujudan “Ekonomi Biru Untuk Indonesia”.

Loka Kawasan Konservasi Perairan Nasional (LKKPN) Pekanbaru   16 Oktober 2021   Dilihat : 44



Artikel Terkait: